pegimakan.id

Segarnya Es Pak San Cilacap: Es campur legendaris

Es Pak San Cilacap

Kuliner kali ini kita bahas kuliner Cilacap, kota yang berada di pantai selatan Jawa Tengah, yang terkenal dengan Pulau Nusakambangan, sebuah pulau tempat binaan napi kelas berat. Kota Cilacap berjarak kurang lebih 60 km sebelah selatan Purwokerto. Apa saja kuliner yang khas Cilacap, di kota industry yang terletak di barat daya propinsi Jawa Tengah ini?Sebagai kota pantai, pasti tersedia banyak kuliner sea food. Namun kali ini bukan itu yang akan ditampilkan. Tapi kuliner es campur yang sudah melegenda di Cilacap, yang sudah puluhan tahun bertahan hingga kini. Suhu Cilacap memang termasuk panas, maklum kota pantai, sehingga menu es campur banyak diburu warganya.

Es Pak San boleh dibilang warung es campur paling terkenal dan menjadi kuliner legendaris di Cilacap. Artis kelahiran Cilacap, Lucky Hakim dan Vicky Shu, menjadi pelanggan setia Es Pak San. Kalau mereka pulang kampung tidak lupa mampir ke warung es campur yang kini berada di Jl. Wiratno, Cilacap. Bahkan menurut Bu Wagiah, yang meneruskan usaha bapaknya (alm. Pak San), artis Lucky Hakim yang kini menjadi anggota DPR itu selalu membawa pulang ke Jakarta bahan-bahan es campur buatannya. “Bahan dibawa ke Jakarta, tapi tanpa es”, kata Bu Wagiah kepada BanyumasNews.com.Sebelum menempati kios kecil di Jalan Wiratno, Es Pak San selama 12 tahun sampai tahun 2000 beralamat di Jalan Tendean Cilacap. Setelah Pak San meninggal dunia sekitar 12 tahun lalu, usaha es campur diteruskan putrinya, Wagiah, hingga kini.

Ciri khas es campur Pak San yang membedakan dengan es campur lain adalah adanya bahan labu siam (Jawa: waluh) yang dibuat manisan (berwarna hijau seperi cendol) untuk dicampur dengan cendol putih, kelapa muda, dan kolang-kaling. Es Pak San menggunakan gula asli dan santan kenil sebagai bahan andalan yang juga membedakan dengan es campur lain. Santan kenil adalah perasan parutan kelapa tua yang kental. Es Pak San tidak memakai campuran susu kental manis. Untuk menambah rasa dan aroma Es Pak San menggunakan vaneli. Adonan berbagai bahan itu menjadikan Es Pak San berasa gurih gandem, sesuai tag-line yang terpampang di banner.Begitu es diminum dan dikunyah, manisan labu terasa agak kenyal. Demikian pula cendol putih-nya yang tidak lembek, menjadikan minum es campur Pak San memiliki sensasi sendiri, dipadu dengan air es yang berasal dari balok es yang ‘diputer’ dan menjadi bongkahan es yang lama-kelamaan menjadi cair. Rasa santan kenil-nya begitu terasa, ditambah wangi vaneli yang menggugah selera.

Menurut Bu Wagiah, dalam sehari rata-rata warung es-nya habis 100 mangkok, apalagi apabila cuaca Cilacap terasa panas terik, maka warungnya tambah laris. Banyak pula pesanan yang datang dari instansi di Cilacap pada saat menjelang jam makan siang. “Seperti hari ini, kami melayani 30 pesanan dari Peramina”, kata Wagiah dengan logat Cilacap-nya yang kental, sekental santan kenil es campurnya.Para pejabat pemerintahan pun tak ragu memesan es campur Pak San. Mereka yang pernah tinggal di Cilacap dan pernah merasakan lezatnya Es Pak San, ketika berkesempatan mengunjungi Cilacap lagi, dipastikan akan kembali ke warung es Pak San. Begitu pula yang memiliki masa kecil hingga remaja di Cilacap, ketika pulang kampung akan menyempatkan mampir ke Es Pak San. Seperti Lucky Hakim, menurut ingatan Ibu Wagiah, setahun terakhir sudah tiga kali nyambangi warung es-nya. Demikian pula Vicky Shu, kalau pulang ke Cilacap tak melupakan mampir ke Es Pak San yang memang khusus menjual es campur.Di dinding warung es-nya tampak dipajang foto Lucky Hakim dan Vicky Shu, berpose dengan Wagiah sang penerus kuliner Cilacap Es Pak San yang legendaris. Oh ya, harga semangkok es campur Es Pak San saat ini Rp. 9000.

Source http://banyumasnews.com
Comments
Loading...