Makan Enak Di Waroeng Soto Sokaraja Cilacap Jawa Tengah

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan soto yang khas wilayah Banyumas dan sekitarnya. Ada soto babat, soto daging sapi dan soto ayam. Biasanya terdiri dari soun, toge, krupuk banggi, kobis, ayam, babat, daging, lontong atau nasi dengan kuah yang kental berwarna kecoklatan dan sambel kacang atau sambal cabe. Rasanya sangat enak dan lezat. Biasanya dinikmati dengan tempe mendoan atau krupuk mireng.

Sewaktu sempat berwifi ria di kamar hotel, saya mencoba mencari kuliner khas Cilacap yang wajib dicoba. Ternyata infonya kurang banyak. Entah karena kurang publikasi atau karena inetnya super lelet, pencarian kami jadi agak tersendat. Baru hari ke sekian kami sempat berputar-putar, meski tetap tanpa ada ide mau kemana dan mau makan apa.Saya tak akan membahas tentang makan pagi dan makan siang. Makan pagi selalu dilakukan di hotel sedangkan makan siang kami adalah nasi bungkus yang dimakan di lapangan. Sementara sambil menuju ke dan pulang dari lokasi, kami sempatkan untuk melirik kiri dan kanan jalan untuk sekedar bereksplorasi.

Makan malam pertama saat menjejak Cilacap adalah sebuah warung soto sokaraja sederhana di pinggir jalan. Tipikal soto dengan suwiran daging berupa ayam, sapi, atau jeroan plus irisan kol dan bihun yang serupa dengan kebanyakan jenis soto, hanya saja kuah santannya diberi bumbu kacang. Dua teman saya bilang rasanya agak aneh karena mereka baru pertama kali mencicipi. Tapi saya bilang sih enak dan murah. Waktu itu kami hanya membayar Rp 8000 semangkok. Tidak ada bukti otentik penampakan soto, karena sudah kadung kelaparan dan mengantuk. Demikian pula makan siang pertama kami. Sama-sama soto sokaraja yang ditemukan seketemunya, karena makan siang itu terjadi pada jam 16.30. Pokoknya makan apa aja deh, yang penting penting perutnya diisi *prinsip orang lapangan*Makan malam kedua adalah sebuah warung makan di jalan Lombok no 99, namanya warung makan mbak Lili. Menu keseluruhan hampir sama. Ada sop, pecel madiun, soto, dan lain-lain. Spesialnya adalah sop gurame yang porsinya bisa dimakan bertiga. Kuahnya .. wuiih segar bin pedas, sampai bikin mata ngantuk jadi melek. Satu mangkok dihargai Rp 25000.

Source blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.