pegimakan.id

5 Kue Tradisional Khas Aceh Yang Wajib Di Coba

Sumber foto : https://www.otonomi.co.id

Jika berkunjung ke Kota Aceh rasanya kurang afdhal jika tidak menyempatkan membeli kue tradisional khas Aceh untuk dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh . Berikut 5 kue tradisional khas aceh yang wajib anda coba.

1.Kue Timphan

Sumber foto : https://www.otonomi.co.id

Kue Timphan adalah Hidangan kue khas Aceh disaat lebaran atau hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul Adha, Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminngu,Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran.

Timphan yang merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa srikaya atau atau pasta kelapa,rasa durian dll. Timphan terbuat dari tepung tepung ketan, gula, santan, dan beberapa bahan lainnya yang citarasanya manis.

Untuk membuat Timphan Umumnya menggunakan jenis raja. Timphan sangat nikmat ketika disajikan selagi hangat dengan didampingi kopi khas Aceh.

Kue Timphan banyak kita jumpai di tempat toko oleh oleh makanan aceh,salah satunya Toko Simbun Sibreh yang terletak di Jl. P. Diponegoro, No. 21, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Pusat Oleh oleh makanan khas aceh ini biasanya buka dari jam 08.00 hingga jam 22.30. Harga hue timphan ini sangat murah yaitu sekitar Rp.3.000.

2.Kue Adee

Sumber foto : http://origin4lnews.blogspot.co.id

Kue tradisional sejenis bingkang manis ini, hanya bisa ditemui di Aceh, khususnya di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Namanya pun tak susah untuk dilafal, yakni Adee.

Adee merupakan jenis kue bertekstur lembut, legit, dan manis, berasal dari bahan dasar telur bebek yang dicampur dengan santan,gula asli, serta bahan-bahan tambahan lainnya yang bisa dengan mudah didapatkan. Sepintas kue ini mirip dengan bingkang. Adee bisa menjadi paduan enak saat menyeruput segelas kopi atau teh.

Kue Adee bisa kita dapatkan di kawasan kabupaten Pidie Jaya,hanya denga harga sekitar Rp.17.000 kita sudah bisa menikmati kue khas aceh yang satu ini.

3.Kue Bhoi

Sumber foto : http://www.masakandapurku.com

Kue bolu dengan bentuk-bentuk lucu ini adalah panganan khas Aceh yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh yaitu Kue Bhoi. Bentuknya sangat bervariasi, mulai dari bentuk ikan, bunga, binatang dan lain-lain. Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan saat mengadakan pesta pernikahan.

Kue Bhoi dikenal sebagai camilan yang minim bahan baku, membuatnya hanya membutuhkan tepung terigu, telur dan gula dengan perbandingan 1:1:1. Uniknya, meski tidak menggunakan bahan pengawet, Kue Bhoi dapat bertahan hingga berbulan-bulan, kandungan gula lah yang berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet. Kelebihan lain dari Kue Bhoi adalah, tidak adanya zat pewarna pada makanan ini. Pada umumnya seluruh permukaan kue bolu bertekstur lembut, tidak dengan Kue Bhoi. Kue ini dipanggang dengan cetakan khusus sampai tekstur luarnya kering, akan tetapi didalamnya tetap lembut.

Kue bhoi ini mempunyai harga yang sangat relatif murah, satu kemasan berkisar dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Jika ingin menyicip kue bolu unik ini, kita bisa pergi ke pasar-pasar tradisional atau toko khusus yang menjual kue khas Aceh, seperti di Pasar Aceh, Pasar Seutui, dan gerai-gerai.

4.Keukarah

Sumber foto : http://www.peradabandunia.com

Keukarah atau karah adalah penganan terbuat dari campuran tempung dan santan berbentuk lembing berukuran satu telapak tangan orang dewasa. Kue ini adalah salah satu jajanan khas Aceh yang mirip dengan serabut atau sarang burung. Rasanya sangat renyah, manis, garing, dan rapuh. Karena bentuknya yang unik, kue ini sering dijadikan oleh-oleh yang bisa dibawa ke mana saja.

Bentuk kue keuarah ini bervariasi, Ada yang menyerupai ikan, bunga, bintang, binatang, dan loyang. Meski berbenda bentuk, rasa yang disajikan tetap sama gurih dan lezat. Harganya pun sangat terjangkau yaitu berkisar Rp.  5.000 sampai Rp.15.000 perkemasan.

Keukarah banyak ditemukan di pusat-pusat jajanan oleh-oleh di Banda Aceh dan Desa Lampisang, Aceh Besar.

5.Bohromrom

Sumber foto : http://www.seputaraceh.com

Orang asli sembari mekkah pasti tau jika menyebut boh duek beuhdeh, itulah sebutan lain dari kue bohromrom.  Kue ini bahan utamanya adalah tepung ketan yang dibentuk bulat lalu dalamnya diberi gula merah. Di luar sana khususnya di Jawa biasa menyebutnya dengan nama klepon. Bagian luarnya dibalut dengan parutan kelapa. Kue ini juga tersedia dalam rasa original dan pandan.

Kue ini paling sering dijumpai kala bulan puasa. Sebagian warga Acehmenjadikan boh rom-rom sebagai sajian utama untuk berbuka. Harga Kue yang satu ini terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp.5.000 sampai Rp.10.000 saja.

Kue Bohromrom dapat kita jumpai di tempat toko oleh oleh makanan aceh,salah satunya Toko Simbun Sibreh yang terletak di Jl. P. Di Jiponegoro, No. 21, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Pusat Oleh oleh makanan khas aceh ini biasanya buka dari jam 08.00 hingga jam 22.30.

Sumber : http://helloacehku.com

pegimakan.id

 

 

Comments
Loading...