pegimakan.id

Aneka Oleh-Oleh Khas Kota Kuningan Jawa Barat

Kota Kuningan merupakan kawasan wisata yang terkenal dengan pemandian air panas, kawasan wisata alam dan budaya. Kota Kuningan yang memiliki julukan sebagai Kota Kuda ini berada di bawah kaki Gunung Ciremai yang membuat Kuningan menjadi salah satu tujuan wisata saat libur. Dari sisi kuliner, di Kuningan terdapat aneka rupa-rupa camilan yang dapat Anda temukan dan bawa pulang sebagai oleh-oleh tradisional khas Kuningan seperti Kwecang, Papais, Kue satu kacang hijau, Peuyeum ketan dan keripik gadung.

Kwecang

Boleh dibilang kwecang ini adalah bakcang versi Kuningan. Kwecang yang bentuknya mirip bakcang ini terbuat dari beras ketan yang dipadatkan, dicampur dengan air apu, lalu dibungkus dengan daun bambu sehingga aromanya khas. Kwecang ini sangat nikmat untuk disantap bersama ketempling, gemblong, dan keripik khas Kuningan lainnya.

Papais

Papais merupakan olahan kuliner khas Kuningan yang berbahan dasar beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus daun pisang. Untuk papais yang terbuat dari beras ketan ada papais bugis yang berisi adonan parutan kelapa dan gula aren, ada juga papais monyong yang berbentuk kerucut dengan isi enten kacang hijau. Ada juga papais koci yang berwarna hijau dengan enten gula merah dan parutan kelapa. Ada pula papais yang terbuat dari ketela pohon, yaitu nagasari yang diberi isian buah pisang. Ada juga papais tanpa isi yang bercitarasa asin.

Kue Satu Kacang Hijau

Kue satu kacang hijau merupakan penganan khas Kuningan yang terbuat dari kacang hijau yang disangrai lalu dihaluskan dan dicampurkan dengan gula halus kemudian dicetak.

Peuyeum ketan

Berbeda dengan peuyeum bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasikan, peuyeum khas Kuningan terbuat dari beras ketan. Biasanya yang digunakan adalah beras ketan putih, namun ad jug yang menggunakan beras ketan merah. Beras ketan yang sudah dikukus difermentasikan dengan ragi dan dibungkus dengan daun jambu. Rasa dan aromanya sangat unik. Peuyeum ketan kuningan ini biasanya berwarna kehijauan. Warna hijau ini didapat dari bahan tambahan daun katuk. Selain membuat tampilan peuyeum ketan berwarna kehijauan, daun katuk juga membuat peuyeum tak gampang berair.

Tempat oleh – oleh khas kuningan memang cukup banyak akan tetapi yang cukup terkenal di kota kuningan yaitu Jelita oleh – oleh khas kuningan atau di Pusat oleh – oleh khas kuningan. Untuk soal harga oleh – oleh khas kuningan ini cukup beragam yaitu mulai dari Rp.5.000 sampai denhan Rp. 25.000. Toko oleh – oleh Jelita ini terletak di Jl. Dewi Sartika No.29, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sedangkan Pusat oleh – oleh khas kuningan terletak di Jl. Siliwangi No.47, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Buka dari jam 08.00 sampai dengan pukul 23.00.

Selamat Berkuliner.

Source Pegimakan Kuliner Khas Kuningan
Comments
Loading...