pegimakan.id

Lezatnya Ayam Panggang Waris Khas Ponorogo

0 25

Ayam Panggang

Ratusan tempat makan yang menjajakan kuliner sepajang jalan mulai perbatasan Ponorogo-Wonogiri sampai perjalanan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo. Masakanannya khas berbahan ayam atau kambing, kalau bukan nasi tiwul ya nasi beras. Ini yang menjadi ciri khas kuliner Wonogiri meski masih banyak lagi kuliner seperti ikan bakar di sekitaran waduk Gajah Mungkur.

Kali ini saya akan menceritakan ayam panggang yang berada di barat pasar Purwantoro, orang Ponorogo menyebutnya ayam panggang Miri Cinde. Saya mengenal rumah makan ini di awal tahun 2000-an, ketika itu masih berupa warung kecil dan sederhana dari papan kayu dan masih berlantai tanah. Dari cerita dari orang Ponorogo yang berjualan (bakul) di pasar Dangkrang (Purwantoro), katanya ada bothok dan ayam panggang

murang di barat pasar Ndangkrang. Dari cerita itulah dulu saya mencari warung tersebut, penjualnya perempuan tua sekitar 65-an tahun, saya lebih akrab menyebut mbah Bothok, karena yang paling khas kala itu bothok jerohan ayam dan bothok terinya. Seringkali waktu itu saya dibonusi bothok-an tersebut ketika pulang. Bothok itu mirip pepes yang dibungkus daun pisang lalu dikukus.Dulu jaman mbah Bothok dalam sehari menghabiskan 8-10 ekor ayam, kala itu setiap ayam panggang utuh dihargai 20-an ribu, saya dibonusi sayur urap, lalap petai, dan bothok jerohan ayam.

Sepeninggal mbah Bothok usaha warung ini dilanjutkan mbak Parti, kala itu mbak Parti masih muda sering membantu mbah Bothok beres-beres warung sambil berjualan mebel dari kayu jati yang ditaruh dirumah belakang. Nama warungnya pun diganti ‘Rumah Makan Ayam Panggang Waris’, nama Waris diambil karena ini merupakan warisan dari mbah Bothok.

sambil menekuni mebel mbak Parti meneruskan warung makan ayam panggang tersebut, waktu itu warung dimundurkan agar bisa untuk parkir kendaraan, dulu posisinya ditanjakan dan tikungan sehingga untuk belok ke tempat ini perlu ektra hati-hati karena jalanan ramai dijalur provinsi. Dan dibangunnya juga toilet di timur warung, dulu tahun 2000-an untuk mencari toilet di perjalanan di daerah Wonogiri sangatlah susah terutama sulitnya air bersih. Sambil makan numpang ke toilet lama-lama ketagihan.Oleh mbak Parti selain bothok dan ayam panggang ditambahi menu sayur lodeh khas Purwantoro, dan minumannya ditambah teh poci ini yang menjadi daya tarik tersendiri dibanding warung ayam panggan yang sudah eksis duluan di sepanjang jalan perjalanan ke Wonogiri dari arah Ponorogo.

 

Source pegimakan.id www.google.com/
Comments
Loading...