pegimakan.id

Bakmi Djowo Doel Noemani, Bakmi Khas Jawa di Semarang

Bakmi Djowo Doel Noemani

Bakmi Jawa atau Mi Jawa merupakan salah satu sajian warisan kuliner dari Jawa Tengah dan Jogjakarta. Mi Jawa merupakan bakmi rebus atau dalam bahasa Jawa: bakmi godhog yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmi Jawa adalah bakmi rebus, akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mi goreng dari bakmi Jawa. beberapa dari penjual mi Jawa ini, menyajikan juga olahan nasi goreng.

Jika anda mengunjungi kota Semarang, anda bisa menikmati enaknya mie jawa ini dengan mengunjungi Sasono Mie Djowo Doel Noemani yang terletak di Jalan Pemuda depan mall Paragom. Peralatan yang dipergunakan masih sangat tradisional. Setiap pesanan bakmi, akan dikerjakan secara satuan, dengan menggunakan wajan kecil diatas tungku dari gerabah (anglo) dengan menggunakan arang. Karyawan atau pegawai dalam kedai ini, selalu menggunakan batik dalam bekerja. Hal ini juga untuk menjaga identitas batik sebagai pakaian tradisional Jawa.

Mulai dengan membuat telur orak arik, lalu tambahkan air secukupnya, masukkan mie kuning yang telah disiapkan, tambahkan bumbu alami khas jawa, dan setelah semua selesai, tinggal ditambahkan suwiran ayam dan sambal sesuai selera.

minuman yang paling banyak diorder disini adalah es teh manis, teh manis hangat dan es jeruk. Memang untuk di daerah jawa tengah dan jogja, yang menarik rata rata pengunjung adalah teh dan jeruk ini. Selain itu juga ada

Side dish atau makanan tambahan di kedai ini adalah sate jerohan ayam. Sate yang disediakan dimeja ini, sebelum disajikan diolah lagi dengan cara dibakar diatas tungku lalu diberi kecap agar labih gurih. Biasanya dalam sate terdapat pilihan usus ayam, ati ampela atau telur puyuh. Diatas meja disajikan juga aneka krupuk untuk menemani santap Mie Godok ini.

Suasana dalam kedai Doel noemani ini sangat kental dengan warung di Jawa pada umumnya. Bangku dan meja terbuat dari kayu, lalu ada nomer meja dengan model khas wayang. Dalam kedai itu juga banyak dipasang spanduk yang berisikan menu yang dapat dipesan pada kedai warung jawa ini.

Mie Djowo rebus ini merupakan menu yang paling banyak dipesan. memang original nya, mi jawa pada awalnya hanya tersedia dalam rebusan. Namun pada perkembangannya, banyak variasi dalam penyajian masakan asli jawa ini. Menu lain yang ada disini antara lain Bakmi Godog (Bakmi Rebus), Bakmi Goreng, Bakmi Nyemek (Kuahnya sedikit), Bihun Goreng, Bihun Godog, Bihun Nyemek, Nasi Godog, Nasi Goreng, Nasi Ruwet.
Santapan Bakmi Jawa Doel Noemani ini, lebih lengkap dengan potongan timun dan bawang merah yang dikenal juga dengan acar. Selain itu, di meja juga disediakan cabai hijau atau biasa dikenal dengan lombok, untuk anda penggemar pedas.
Mie Goreng Jowo ini juga merupakan menu fav di Kedai Doel Noemani ini. Campuran yang pas antara mie kuning khas jawa dengan bumbu dan sayuran memang maknyuss banget. Tidak lupa, bagian atas ditaburi oleh suwiran ayam kampung sebagai lauknya.

Cabai dan suwiran ayam ini menang disajikan terpisah dari pengolahannya dalam tungku. Hal ini karena untuk menjaga keaslian rasa serta kesegaran dalam santapan mi jawa ini.

Monggo jika anda bisa mengunjungi Ibukota Jawa Tengah ini, bisa mampir ke Kedai Mi Djawa Pak Doel Noemani. Ada 3 cabang yang bisa anda kunjungi:
Jl. Thamrin No. 4 Semarang ( Depan Pertamina )
JL. Pemuda No. 117 ( Deapan Paragon Semarang )
JL. Pemuda No. 145 ( Depan Balaikota Semarang ).

Source www.pegimakan.id www.indonesiasand.blogspot.co.id
Comments
Loading...