pegimakan.id

Bersantap Menu Lezat nan Memikat ala Ayam Kaluwung di Yogyakarta

Ayam Kaluwung

Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi sebuah gera ayam bernama Ayam Kaluwung yang berada di Jl. Damai, Jogja. Lokasi resto ini berada di nyaris di ujung barat ruas jalan ini sebenarnya pernah menjadi sebuah resto yang cukup mewah namun entah mengapa resto tersebut tutup dan beralih menjadi resto Ayam Kaluwung ini.

Saya pribadi belum pernah mengunjungi resto ini, baik sebelum berubah nama dan kepemilikan maupun ketika bernama Ayam Kaluwung. Resto ini terbilang luas dan cukup indah namun pengelolaannya yang masih baru membuatnya terlihat belum prima. Saya pun duduk di salah satu meja yang terletak di ruang tengahnya. Sedangkan bagian-bagian lain dari resto ini telah dipenuhi beberapa pengunjung. Setelah duduk, saya pun diberi buku menu untuk memilih menu yang ingin saya santap siang ini. Setidaknya ada dua menu makanan yang ingin saya santap, yaitu ayam Kaluwung-nya, maupun nasi goreng bebeknya. Tak lupa segelas es kelapa muda saya pesan sebagai penyeimbang hari yang sedikit terik kali ini.

Ayam kaluwung sendiri sebenarnya serupa dengan ayam goreng pada umumnya namun prosesnya yang diungkep membuat bumbu dari ayam ini terasa lebih mantap, dan merata. Rasa bumbunnya meresap hingga ke dalam seluruh bagian dari ayam tersebut. Sederhana namun lezat, dan sangat pas disantap bersama sambalnya yang pedas-manis. Tak lupa menu ini disajikan bersama sayur daun ketela yang gurih dan memikat. Daging ayamnya yang lembut membuat bumbunya terasa merata dan terasa semakin lezat. Tak berbeda dengan ayamnya, nasi goreng bebeknya pun tak kalah memikat dan mengenyangkan.

Rasanya yang gurih, dan ada sedikit sensasi kari berpadu dengan daging bebek yang disajikan dalam bentuk sate, dan telur mata sapi. Menu ini lengkap, dan lezat. Menurut saya meski menu ini bukanlah menu andalan namun secara rasa jauh dari mengecewakan. Untuk memberikan tambahan kesegaran, saya pun memesan seporsi sayur tauge yang gurih dan menyegarkan. Tak hanya memberi sensasi segar, sayur ini cukup mengurangi perasaan bersalah saya akibat menyantap menu yang didominasi daging ayam.

Meski secara penataan ruang gerai ini terbilang belum terlihat siap namun secara rasa cukup memikat dan lezat. Tak heran jika gerai yang masih terbilang baru ini terlihat cukup sibuk ketika saya mengunjunginya beberapa waktu yang lalu.

Ayam Kaluwung
Jl. Damai, Jogja
10.30 – 21.30 WIB

Lokasi:
Nama Resto : Ayam Kaluwung

Alamat :Jl. Damai, Jogja

Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 10.30 – 21.30 WIB

Source https://makanjogja.com
Comments
Loading...