pegimakan.id

Brongkos Kuliner Legendaris Khas Jogja

0 25

Brongkos

Brongkos konon berasal dari kata Brownhorst yang merupakan campuran bahasa Inggris dan Perancis tetapi Sayur brongkos dalam kebiasaan orang Jawa biasa menyebutnya (Jangan Brongkos) yang merupakan jenis makanan olahan sayur yang sangat khas bagi masyarakat Jawa Khususya di Yogyakarta karena Sayur Brongkos ini adalah menu tradisional yang khas warisan leluhur masyarakat Yogyakarta. Sayur atau jangan brongkos ini ternyata sangat digemari dan diminati oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Brongkos terbuat dari daging sapi, Ciri dari masakan ini adalah penggunaan kluak sebagai salah satu bumbu yang menyebabkan warna gelap dan aroma yang khas. Jenis bumbu lain yang digunakan untuk membuat brongkos adalah gula merah, bawang merah,bawang putih, ketumbar,kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, dan garam. Proses pemasakan yang lama menyebabkan setiap komponen bumbu terserap merata hingga ke serat-serat daging.

Warung ijo milik bu padmo ini menyediakan menu andalanya yaitu Brongkos khas jogja yang sudah ada sejak tahun Sejak 1950. Dinamakan Ijo karena sebagian besar warung tersebut didominasi cat berwarna ijo (hijau).

Ada beragam pilihan lauk tambahan untuk menikmati brongkos, seperti krecek, terik daging sapi, telur, babat, perkedel, tempe goreng, peyek, dan beberapa lauk lainya.

Warung Ijo milik bu padmo terletak di Jl. Magelang No.12, Margorejo, Tempel, kota Yogyakarta.

Buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00 Warung ijo bu padmo ini selalu dipenuhi banyak pengunjung.

pegimakan.id
Comments
Loading...