pegimakan.id

Bubur Mengguh Makanan Tradisional Khas Pulau Dewata

Bubur mengguh merupakan bubur khas dari daerah Bali utara (Buleleng) yang sering disajikan saat upacara adat. Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap. Bubur Mengguh sering disebut juga Bubur Mangguh atau Mungguh. Tentu berbeda dengan bubur yang biasa dijual di Jakarta. Yang biasa disajikan dengan suwiran ayam, ditaburi daun sledri, kaldu ayam, kerupuk dan bawang goreng dengan menu pilihan sate ampela dan sate usus ayam. Tentu kedua bubur ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Untuk membuat Bubur mengguh cukup sederhana cukup menyiapkan bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bubur, mulai dari beras, daun salam, santan kental, dada ayam, kacang panjang, kacang tanah yang sudah digoreng, sampai dengan tambahan bawang goreng yang selalu wajib untuk menyedapkan setiap sajian. Selain bahan-bahan tersebut, bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih dan bawang merah, cabai merah, kunyit yang dibakar, kemiri, merica, ketumbar, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dijadikan perasa dan penyedap Bubur Mengguh ini. Bubur khas Bali ini memiliki satu kekhasan yang berbeda dengan bubur-bubur yang lain, yaitu urap. Urap, seperti di Jawa adalah campuran sayuran mentah yang dikombinasikan dengan kelapa parut dan citarasa dari bumbu-bumbu khasnya. Urap untuk Bubur Mengguh terdiri dari kelapa parut yang sudah setengah tua, kacang panjang, bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, gula merah, dan daun jeruk.

Bubur Mengguh banyak di temui di restaurant bali maupun di warung warung, salah satunya warung Laota Bali yang terletak di Jalan Raya Kuta No.530, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Selain menyediakan bubur mengguh terdapat juga menu lainnya sepeti bubur sapi cincang, bubur ayam sathin, bubur pelangi laota, telur ayam dan cakoe. harganya pun cukup beragam yaitu mulai dari Rp. 7.000 sampai Rp.39.000. Warung laota sunset buka 24jam.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Bubur Mengguh
Comments
Loading...