pegimakan.id

Bubur Seruntul, Jajanan Manis yang Enak di Mojokerto Jawa Timur

Bubur Sruntul

Bubur sruntul terbuat dari ketan, beras, gula jawa, ketan hitam dan santan, rasanya cukup nikmat apalagi kalau ditambahkan es batu, ehhhhmmm yummy.

Di Mojokerto jajanan Bubur Sruntul ini bisa anda temui di jalan Mayjen Sungkono, tepatnya Warung mungil Milik Mbah Saodah. Mbah Saodah mengaku sejak th 89 dia berjualan bubur sruntul, resepnya berasal dari sang nenek yg saat ini sudah tiada.

Dalam sehari dia bisa menghabiskan bahan ketan antara 10-15 kilo, dulu saat ramai bisa sampai menghabiskan bahan 30 kilo perharinya. Omzetnya saat ini bisa 1 juta perhari, apalagi kalau hari libur atau hari- hari besar, bisa semakin laris, tapi karena keterbatasan tenaga terpaksa jam bukanya juga terbatas antara pukul 07.00 sampai 1400 saja.

Di warung Mbah Saodah tidak hanya menjual bubur sruntul saja, tapi aneka bubur yang lainnya yakni bubur tepung beras putih, bubur ketan hitam, bubur mutiara. Namun pavoritnya adalah bubur Suntul.

Bubur Sruntul terbuat dari beras ketan putih yang dihaluskan, dimasak, dan dibentuk bulat kecil-kecil, Dalam menyajikannya, ditambahkan gula jawa, santan dan es batu bagi yang suka dan siap dihidangkan.. ehmmm nikmat.

Di Warung Bu Saodah memang tidak pernah sepi pembeli, mereka tidak hanya berasal dari kota Mojokerto saja namun juga kota-kota lain, seperti Mojosari, Jombang, Surabaya, bahkan baru-baru ini warung Bu Saodah juga di datangi Pak Bondan dari Trans Tv serta Trans 7, untuk shooting wisata kuliner.

Saat ini Bubur Sruntul Mbah Saodah juga semakin berkembang karena anak dan cucunya juga menekuni hal yang sama, berjualan bubur Sruntul di daerah Sekar Putih Mojokerto.

Berjualan Bubur Sruntul memang cukup menjanjikan, karena tidak hanya cukup untuk membiaya hidup sehari hari namun Mbah Saodah mampu menyekolahkan cucunya hingga lulus Sarjana, dan Mbah Saodah sendiri masuk daftar tunggu menunaikan ibadah haji.

Source Pegimakan.id MajaFM
Comments
Loading...