pegimakan.id

Cemilan Kepel Karya Rasa Masyarakat Pedan Klaten

Hai Pegimakan Lovers, masih membahas tentang kuliner di daerah Klaten nih. Membahas tentang kuliner memang tidak akan ada habisnya. Terlebih sekarang masyarakat Nusantara saling berlomba membuat produk baru ataupun berinovasi dari produk yang sudah ada untuk menarik minat para pelanggan. Pengusaha-pengusaha bidang kulinerpun sudah marak dimana-mana baik menyuguhkan makanan ala western, oriental ataupun lokal.

Di Kabupaten Klaten Jawa Tengah pun sudah banyak sekali wisata kuliner baru yang wajib untuk Anda coba. Namun jangan lupa untuk tetap mencicipi makanan khas yang sudah berpuluh-puluh tahun dibudayakan masyarakatnya.

Salah satu kuliner khas dari Klaten adalah Kepel. Kepel adalah cemilan asli dari Desa Ciro, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Kata Kepel berasal dari Bahasa Jawa yang berarti “kepalan tangan”. Benar saja, karena bentuk kepal ini bulat mengikuti kepalan tangan si pembuatnya

Bahan yang digunakan untuk membuat cemilan ini cukup sederhana, dan kalian para Pegimakan Lovers bisa membuatnya di rumah. Walaupun mungkin hasilnya tidak akan seenak buatan tangan masyarakat Desa Ciro. Hehehe. Kepel ini terbuat dari adonan tepung beras yang sudah digiling halus, bisa juga diganti dengan tepung terigu kemudian ditambahkan bumbu seperti merica, garam, penyedap rasa dan bawang putih secukupnya. Untuk mendapatkan rasa “pulen” Anda bisa menambahkan telur ayam pada adonannya lalu dikepal-kepal dan goreng.

Lokasi

Jika Anda tertarik mencicipi rasa asli dari Kepel ini Anda bisa membelinya di daerah sekitaran Desa Ciro Klaten. Jangan heran jika warung-warung yang menjajakan cemilan ini akan dipenuhi pelanggan yang mengantri. Karena kepal akan digoreng jika ada pembeli agar tidak lembek dan tetap kering saat disajikan.

Harga dan Jam Buka

Anda bisa membelinya saat sore sampai malam hari dengan harga Rp. 5.000,- per kantong. Dengan isi sekitar 8-10 Kepel di setiap kantongnya.

Rasa dari Kepel ini gurih, kering di luar tetapi empuk di dalamnya. Bisa dimakan bersama sambal, saus kacang ataupun cabai rawit. Dari segi kesehatanpun tidak diragukan, karena bahannya terbuat dari beras dan bumbu rempah asli Nusantara.

Bagaimana tertarik menjadikan Kepal ini sebagai buah tangan khas Klaten? Segera ajak keluarga tercinta Anda untuk berwisata kuliner ke Kabupaten Klaten.

Selamat berkuliner Pegimakan Lovers.

Source Pegimakan Cemilan Kepel
Comments
Loading...