pegimakan.id

Citarasa Nikmat Karedok Khas Indramayu Jawa Barat

Karedok adalah menu makanan tradisional asal Indramayu, Jawa Barat, Indonesia yang bahan-bahannya menggunakan sayuran mentah yang telah dicuci bersih. Untuk melengkapi rasanya agar lebih mantap sayuran mentah tersebut kemudian disiram atau diaduk bersama dengan bumbu kacang atau saus kacang.

Sebagai menu tradisional karedok termasuk makanan yang sangat digemari hingga saat ini. Makakan ini sebenarnya sangat mirip dengan gado-gado, hanya saja perbedaannya adalah jika karedok memanfaatkan sayuran mentah, gado-gado merebus sayurannya sebelum diolah.

Berbeda dengan rumbah, gado – gado atau tumbuk yang bahan-bahannya sudah direbus, maka Karedok bahan-bahannya serba mentah seperti timun, kol, kacang panjang, toge, kemangi, terong dan remucu (pisang kecil mentah). Untuk bumbu-bumbunya seperti bawang merah, putih, cabe rawit, gula merah, kencur, terasi, dan daun jeruk. Sama halnya dengan rumbah, karedok juga bisa dimakan dengan lontong atau nasi juga kerupuk.

Harganya pun cukup relatif murah yaitu Rp. 5.000 sampai Rp.10.000 perporsinya. Untuk mencicipi Karedok ini bisa mampir ke Warung Burbacek di Jalan Pasar Caplek, Lokasinya tepat di sebelah Pesantren Ma’had Imam Mujadid. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB, dengan kapasitas bangku sekitar 3o orang, Warung ini ramai dikunjungi para pecinta kuliner khas indramayu di pagi hari hingga siang hari.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...