pegimakan.id

Dendeng Sapi Kuliner khas Aceh

Sumber foto : http://infowisata13.blogspot.co.id

Dendeng yang khas dengan rasa gurih dan manis tak hanya enak disantap sebagai teman nasi, tapi juga enak untuk cemilan. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Aceh membeli dendeng khas Aceh sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sumber foto : https://adiputro.wordpress.com

Kuliner khas aceh yang satu ini terbuat dari daging sapi,daging rusa,atau ikan. Proses pembuatannya terbilang sederhana, ramuan rempah yang terdiri atas ketumbar, jahe, dan lengkuas dicampur dengan gula pasir untuk efek gurih. Ramuan andalan itu lantas dilumurkan ke daging atau ikan yang sudah diiris tipis untuk kemudian direndam semalaman. Usai perendaman, bakal dendeng memasuki tahap pengeringan yang memakan waktu 2-3 hari,terakhir proses pengemasan. Dendeng punya beberapa rasa, manis, asin dan rasa kari. Cocok untuk disajikan sebagai menu makan dengan digoreng dan disambal lado.

Salah satu produk dendeng Aceh yang paling terkenal adalah dendeng Seulawah. Buka dari jam 08.00 sampai jam 22.00. Usaha dendeng yang memiliki gerai di Jalan Teungku Chik di Tiro Banda Aceh ini menjual dendeng dengan aneka rasa yang lezat.

Sumber foto : https://travel.tempo.co

Harga dendeng sapi yang dijual di sini mulai dari Rp 52.000 untuk isi kemasan setengah kilogram dan Rp 100.000 untuk kemasan satu kilogram, Sedangkan dendeng ikan dijual khusus ukuran 1/4 Kg dan dilepas dengan harga Rp 40.000. untuk dendeng rusa harganya lebih mahal yaitu Rp.300.000 perkilo nya. Selain dendeng, juga ada produk olahan dari kulit sapi yaitu kerupuk kulit yang diberi nama kerupuk kulit latur. Isinya ada yang seperempat kilogram Rp 25.000 dan setengah kilogram Rp 50.000. Tak hanya menjual dendeng dan kerupuk kulit, di sini juga tersedia produk lain seperti abon, kue bhoi, lontong paris, kue abon dan lainnya.

Sumber : http://www.tribunnews.com dan http://atjehpost.com

pegimakan.id
Comments
Loading...