pegimakan.id

Dodol Jenang Waluh Jajanan Khas Jember Cocok Untuk Oleh-Oleh

Jenang  waluh adalah salah satu jenis kue yang terbuat dari waluh atau labu kuning  yang  dibuat  seperti  dodol dan dihidangkan bersama  jadah atau uli dari ketan yang telah diolah bersama kelapa. Perpaduan antara manis dan gurih ini menjadi hidangan yang layak untuk Anda sajikan.

Dalam  membuat  dan  memproses  hidangan  masakan  yang  satu  ini, dibutuhkan beberapa bahan yang  diperlukan dalam memasaknya. Bahan dalam masakan ini juga tidak terlalu sukar untuk anda dapatkan. Pilihan bahan yang masih fresh menjadikan masakan yang saat ini tentunya menjadi special ketika anda menyajikan nya pada anggota keluarga.

Dapat memasak dengan baik tentunya menjadi hal yang istimewa untuk anda. Terlebih dengan adanya tuntutan keluarga bahwa anda harus memasak dengan lezat. Tentun

ya hal ini merupakalan sebuah tantangan tersendiri bagi anda untuk membahagiakan mereka atas karya masakan yang anda buat.

Cara membuatnya, Haluskan labu kuning, campur dengan tepung kanji dan tepung ketan putih. Sisihkan. Masak santan, daun pandan dan gula merah hingga gula larut (bisa di tambah gula pasir jika ingin lebih manis). Saring dan sisihkan, tuang larutan santan dalam wajan, masukan campuran tepung dan labu.  Aduk hingga rata dengan api sedang.

Teruskan mengaduk hingga mengental dan kalis kira-kira selama 2 jam. Atau sampai jenang tidak lengket jika disentuh dengan jari tangan.Tuang jenang dalam loyang datar yang telah dialasi plastik/daun, atau (seperti yang aku lakuin) ambil adonan satu sendok (harus dengan sendok plastik, agar tidak lengket) letakan di atas plastik wrap yang sudah dipotong persegi. Bulatkan dan plintir/putar hingga  tertutup.

Source Pegimakan.id smagiriwangi.besaba
Comments
Loading...