pegimakan.id

Dodol Kandangan Camilan Legit dan Manis Khas Banjarmasin

Jika berkunjung ke kota Banjarmasin, coba sempatkan untuk mencicipi dodol terenak yang ada di kota seribu sungai ini. Dodol Kandangan namanya, dodol khas Banjarmasin ini begitu menggoda untuk dijadikan teman saat santai bersama orang-orang tercinta. Untuk mendapatkan dodol asli Kandangan, Anda bisa mengunjungi tempat pembuatan Dodol Kandangan milik Noor Jannah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Noor Jannah merupakan pengusaha dodol generasi pertama di Kandangan yang namanya masih melekat di hati masyarakat meski yang bersangkutan sudah meninggal beberapa tahun silam. Sekilas dodol yang satu ini terlihat sama dengan dodol-dodol pada umumnya. Namun sebenarnya dodol ini sangat berbeda dilihat dari tekstur dan rasanya. Dodol Kandangan terasa lebih manis dan memiliki tekstur yang sangat lembut.

Dodol Kandangan bahan utamanya dari beras ketan dan gula aren, jenis dodol yang ditawarkan sangat beragam ada yang masih berbentuk beras ketan yang di sebut wajik, yang mirip dodol tetapi bahan yang di tonjolkannya kelapa muda yang di parut adalah kasirat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dodol dijual dengan harga terjangkau dari harga Rp 2.000, hingga yang paling besar bentuknya Rp 9.000. Rahasia kelezatan dan kekhasan dodol asli Kandangan tak terlepas dari bahan alami yang digunakan, untuk bahan buah kelapa juga tidak boleh terlalu tua agar didapat lebih banyak santannya.

Selain bahan baku alami pembuatan dodol yang dijaga keasliannya proses pembuatan dodol ternyata juga membutuhkan waktu lama, pemarutan, peremasan santan yang membutuhkan waktu dua jam, proses memasak dodol yang membutuhkan waktu per kawah 4 jam hingga pengemasannya. Anda juga tak perlu khawatir dodol ini akan basi sesampainya di rumah karena dodol ini awet hingga beberapa hari. Dodol Kandangan awet bukan karena mengandung bahan pengawet, melainkan kandungan gula arennya yang membuat dodol ini bisa bertahan hingga beberapa hari.

Di Kandangan, yang berjarak sekitar 135 kilometer dari Banjarmasin, ibu kota Kalsel, kios dodol banyak dijumpai di kedua sisi jalan. Papan reklame sekaligus kios dodol khas Kandangan, dapat ditemui pula di sepanjang ruas jalan Trans-Kalimantan, mulai dari Kota Banjarmasin hingga Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin. Pemandangan yang sama ditemui pula di Jalan Trans-Kalimantan setelah Rantau, yakni Barabai, Tanjung, hingga di perbatasan Kalsel dan Kalimantan Timur. Dodol Kandangan juga banyak dijual di pusat-pusat Oleh-oleh di Kota Banjarmsin. Jadi anda tidak akan menemui kesulitan untuk menemukanya.

Source pegimakan ksmtour
Comments
Loading...