pegimakan.id

Emplod dan Burayot Pancawarna Makanan Tradisional Khas Garut

Selama ini Garut memang lebih dikenal melalui dodol dan belakangan Chocodot. Padahal di Garut sangat banyak makanan khasnya terutama makanan khas tiap kecamatan diantaranya Emplod dan Burayot.

Emplod atau Endog Lewo merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari kota intan Garut. Endog lewo atau lebih dikenal dengan nama emplod memang seperti namanya, ‘Endog’ yang berarti telur dan ‘Lewo’ merupakan nama sebuah daerah di Garut, tepatnya di Malangbong. Makanan ini adalah makanan ringan sederhana dengan rasa khas. Emplod terbuat dari tepung singkong yang diberi bumbu tradisional yang mudah didapatkan, namun tetap ada rahasia bumbu racikan tertentu yang membuat rasa dari endog lewo/ emplod ini terasa nikmat.

Emplod sangat cocok menemani waktu luang ketika menonton TV maupun cemilan ketika dalam perjalanan. Harga Emplod cukup dengan Rp. 15.000 saja bisa menikmati cemilan khas Garut dari kecamatan Malangbong ini.

Burayot

Burayot Pancawarna merupakan nama sebuah makanan khas dari Garut. Burayot dalam bahasa Sunda artinya bergayut atau bergantung, sedangkan Pancawarna terinspirasi dari batu akik. Makanan ini terbuat dari bahan Gula merah, Tepung Beras, Kacang Tanah, Minyak Kelapa yang melalui proses membutuhkan waktu yang tidak terlalu cukup lama untuk menghasilkan 1 kue Burayot.

Proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Pertama-tama yang dilakukan untuk memprosesnya yaitu menumbuk beras merah menjadi tepung beras. Gula merah terlebih dahulu dicairkan. Sementara kacang merah digoreng tanpa minyak atau dalam bahasa sunda proses tersebut disebeut disangray. Kemudian ditumbuk sampai halus. Kacang merah dan tepung beras yang sudah halus kemudian dimasukan kedalam cairan gula merah yang sudah dicairkan dan didinginkan. Kemudian bahan ini dibuat adonan dengan cara diaduk sampai rata lalu dicetak untuk kemudian digoreng menggunakan wajan.

Makanan khas ini kita bisa temukan di daerah Garut yang berlokasi di wilayah Kec. Leles, Kadungora, Wanaraja atau di kampung cilageni Rt.003/Rw.011 desa karangtengah kec Kadungora Garut. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu sekitar Rp.27.000 perkemasan, sedangkan Burayot hitam sekitar Rp.35.000.

Emplod dan Burayot Pancawarna biasanya menjadi salah satu hidangan menyambut hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri  dan hari besar keagamaan lainnya.

Selamat Mencoba Pegimakan Lovers.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...