pegimakan.id

Gurihnya Bubur Kanji Rumbi,Makanan Khas Aceh Yang Paling Populer

Sumber foto : http://www.resepmasakanindonesiaku.info

Bubur Kanji Rumbi merupakan makanan khas aceh yang ada saat bulan puasa. Sekilas tampilannya mirip bubur ayam, Ia memiliki tekstur lembut dan sama-sama diolah dari beras. Bedanya, bubur beras ini diberi tambahan isian seperti potongan daging dan udang, ada juga tambahan sayuran berupa wortel dan kentang.  Mengenai bumbu, ada banyak pemakaian rempah pada sajian bubur kanji rumbi. Diantaranya kunyit, jahe, lada,lengkuas, cabai, bawang, dan daun sop.

Sumber foto : http://www.resepmasakanindonesiaku.info

Perlu keahlian khusus untuk meracik bubur kanji rumba,takaran penggunaan bahan dan bumbunya harus pas agar cita rasanya tetap enak meski dibuat dalam jumlah banyak sekaligus. Memasaknya butuh waktu dua sampai tiga jam, dalam belanga bergaris-tengah semeter lebih, dan api di dalam belanga tak boleh padam. Karena itu kayu bakar harus selalu tersedia.

Bagi masyarakat Aceh, kanji rumbi bukan sekadar makanan berbuka puasa, tapi juga memiliki multi khasiat yang ampuh sebagai obat masuk angin dan maag.

Bubur Kanji Rumbi dapat kita nikmati di Masjid Al-Furqan, Beurawe, Banda Aceh. Untuk satu porsi bubur kanji rumbi dihargai sekitar 5.000 sampai Rp.8.000 perporsi. Biasanya Bubur kanji rumbi di jajakan para penjual dari jam 16.00 sampai jam 20.00.

Sumber : https://food.detik.com

pegimakan.id
Comments
Loading...