pegimakan.id

Gurihnya Kaledo Makanan Legendaris Khas Kota Palu

Kaki Lembu Donggala atau yang lebih dikenal dengan nama Kaledo merupakan salah satu masakan traditional khas Palu yang sangat terkenal dan sudah memiliki nama di dunia perkulineran Indonesia. Makanan ini terbuat dari kaki sapi/lembu sebagai bahan baku utamanya. Bisa dikatakan kaledo ini adalah sup kaki sapi, karena memang masakan ini mirip dengan sup pada umumnya. Namun yang membedakan dan membuat kaledo menjadi istimewa terletak pada bumbu rahasianya yang menggunakan Cabai rawit, garam, jeruk nipis, asam jawa yang masih muda sebagai bumbu campurannya. Masakan ini menjadi lebih menarik karena dalam menyantapnya diharuskan menggunakan garpu, pisau, pipet atau sumpit yang bertujuan mengeluarkan isi rongga-rongga sapi atau yang biasa dikenal dengan nama sum-sum. Nah, sum-sum inilah yang paling enak dan lezat dari tulang sapi tersebut.

Sejarah Kaledo

Dahulu Kaledo merupakan sajian kehormatan oleh para raja-raja di Lembah Palu bagi para tamu kehormatan dari kaum bangsawan yang disebut dengan Toma Oge atau Toma Langgai atauLangga Nunu. Biasanya, mereka adalah para pembesar dari sub-sub kerajaan di lembah Palu. Pada masa kerajaan, Kaledo disajikan dalam satu wadah yang disebut Dula Mpanganggu. Kaledo, tidak hanya bisa dinikmati dengan nasi, tapi masyarakat Lembah Palu, dari dulu hingga sekarang lebih suka menikmati dengan Kasubi (Singkong kukus), atau Loka Pagata (jawa: pisang kepok), yang ditempatkan dalam Dula Mpokada atau Dula Palanggu (bakul dari kuningan berkaki). Seluruh masakan yang disajikan dengan alas dan penutup daun pisang. Hidangan tidak dinikmati dengan mencampur langsung seluruh sajian dalam piring, melainkan dengan diisi pada piring atau mangkok kelapa (ri banga nggaluku).

Pada masa sekarang, inovasi masakan Kaledo tidak hanya pada campuran bumbu. Sejumlah warung makan yang menyajikan masakan Kaledo adan melakukan inovasi dengan menghilangkang tulang, yang disebut Kaledo Talang atau tanpa tulang.

Hampir di semua rumah makan yang ada di kota Palu menyediakan hidangan ini. Salah satunya Rumah Makan Kaledo Abadi yang terletak di Jl. Diponegoro No.75, Lere, Palu Bar, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Harga tiap satu porsi Kaledo berkisar yaitu Rp 25.000 – Rp 50.000. Rumah Makan Kaledo Abadi buka dari jam 09.00 sampai jam 23.00.

Tertarik Mencoba?

Source Pegi Makan Kaledo
Comments
Loading...