pegimakan.id

Hucap Kuliner Khas Kuningan yang Legendaris

Beraneka ragam budaya nusantara menjadikan setiap daerah di Indonesia memiliki beranekaragam menu sarapan. Menu sarapan tersebut menjadi makanan khas yang turut memperkaya khazanah kuliner nusantara. Seperti di Kuningan misalnya, masyarakat mengenal Hucap sebagai salah satu menu yang kerap disajikan saat sarapan.

Hucap adalah singkatan dari tahu kecap. Hucap merupakan kuliner khas Kuningan yang penyajiannya mirip dengan ketoprak atau kupat tahu. Nama kupat tahu sendiri berasal dari ketupat yang menjadi bahan utama hidangan tersebut. Berbeda dengan bumbunya, komposisi keseluruhan hidangan sangatlah sederhana.

Bahan-bahan yang digunakan dalam seporsi hucap antara lain adalah tahu goreng, bumbu kecap, kuah kacang, dan kupat. bumbu rempah yang dimasukan pun cukup beragam, mulai cabai, bawang, kemiri, hingga asam. Hucap yang dinikmati dengan bumbu kacang kental ini memiliki citarasa yang lebih manis dibandingkan kupat tahu karena menggunakan kecap.

Salah satu pedagang Hucap yang cukup terkenal dikota kuningan yakni Kedai Mang I’i. Hucap dikedai mang ii ini memiliki citarasa bumbu kacang kental benar terasa gurih, manis, asam dan sedikit pedas di lidah. Tahu Kuningan yang hangat pun menyempurnakan suapan hidangan khas tersebut.

Kedai Kupat Tahu Mang I’i yang berlokasi di Jalan Raya Cilimus, Kuningan. Kedainya membandrol Rp 12.000 untuk satu porsi kupat tahu beserta teh hangat. Buka mulai pukul 05.30 pagi hingga 03.00 Wib dini hari.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Hucap Kuningan
Comments
Loading...