pegimakan.id

Ikan Mas Arsik Merupakan Kuliner Sakral dari kota Medan

Hai para pegimakan lovers. Ada yang sudah pernah mencicipi Ikan Mas Arsik khas Medan?
Kuliner yang satu ini adalah menu wajib setiap rumah tangga orang Batak baik yang masih tinggal di kampung halaman maupun yang sudah merantau. Selain itu dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Seorang wanita Batak baru diacungi jempol sebagai seorang jago masak jika masakan arsiknya sudah enak dan layak dihidangkan kepada para tamu.
Umumnya untuk masakan arsik ini digunakan ikan mas, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Dipilih ikan ini karena ikan mas tinggal di air jernih dan berenang maju dalam kelompok tanpa saling bertubrukan. Filosofinya adalah mereka yang memakan ikan ini akan hidup dalam harmoni, ke hulu dan ke hilir, rukun sampai akhir umurnya. Untuk menu sehari-hari, boleh-boleh saja Anda mengganti ikan mas ini dengan ikan air tawar lain seperti mujair, lele atau nila.
Meskipun rasanya sangat lezat, dalam adat Batak tidak semua orang boleh disuguhi arsik. Kepada Tulang (paman dari pihak ibu), kita tidak boleh menghidangkan masakan ini karena ada masakan lain yang lebih pantas/ cocok.
Citarasa arsik ini asin, asam/ kecut, bisa juga pedas tergantung selera. Rasa yang khas disumbangkan oleh bumbu khas Sumatera yaitu andaliman dan bunga rias atau kerap juga disebut kecombrang. Cara memasaknya adalah dengan mendidihkan air berikut bumbu halus, baru ikan dimasukkan. Ada cara lain yaitu dengan melumurkan bumbu ke badan dan rongga ikan, memasukkan ikan ke dalam air yang masih dingin lalu dididihkan sampai matang. Karena hampir setiap rumah menghidangkan makanan ini, tidak ada standar yang benar-benar baku mengenai resep arsik yang baku.

Lokasi
Nah bagi Anda yang ingin mencicipi Ikan Mas Arsik, Anda bisa datang ke rumah makan yang berada di sepanjang jalan Medan. Biasanya hidangan ini selalu hadir sebagai makanan khas yang wajib dicicipi oleh para pemburu kuliner Nusantara. Salah satunya di Rumah Makan Sipirok.
Harga
Harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati hidangan ini mulai dari Rp. 8.000,- per potong, sampai dengan Rp. 60,000,- per kilo.
Tertarik mencobanya?
Selamat berkuliner pegimakan lovers.

Source Pegi Makan Resep ikan Arsik
Comments
Loading...