pegimakan.id

Jalan-jalan ke Klaten Jangan Lupa Mampir ke Kedai Sop Ayam Pak Min

Hai para Pegimakan Lovers. Sudah pernah berkunjung ke Klaten? Atau ada rencana liburan ke sana? Sedikit mengulas tentang Klaten pada mulanya adalah bekas daerah swapraja Surakarta. Kasunanan Surakarta terdiri dari beberapa daerah yang merupakan suatu kabupaten. Beberapa ahli mengatakan bahwa Klaten berasal dari kata kelathi atau buah bibir. Kata kelathi ini kemudian mengalami disimilasi menjadi Klaten. Klaten sejak dulu merupakan daerah yang terkenal karena kesuburannya serta kuliner khasnya.

Salah satu kuliner terkenal di Klaten adalah Sop Ayam Pak Min. Sop ayam ini rasanya gurih enak, kaldu dan ayam memang yang jadi andalan. Kuahnya sedikit keruh dengan taburan seledri dan bawang merah. Walaupun tanpa kol dan wortel, sop ini tetap nikmat untuk disantap. Sop ayam dari daerah Klaten ini sekarang sudah punya belasan cabang diantaranya di Yogyakarta, Boyolali, Solo, Sragen, Semarang dan Purwokerto.

Sejarah Sop Ayam Pak Min

Konon sop ayam ini sudah sejak 50 tahun ada di Klaten dan rasa yang disajikan tetap sama tanpa ada berubah sedikitpun. Tampilan warung makannya sederhana. Bangku-bangku panjang dan di sudut kanan terdapat gerobak untuk meracik sop ayam. Di salah satu sisi tembok yang bercat hijau terpampang foto Pak Min dan istrinya.

Ayam kampung yang merupakan bahan utamanya kemudian direbus, dipotong-potong lalu disiram kuah. Khusus untuk uritan (telor muda), sudah diiris-iris di dalam mangkuk-mangkuk tinggal disiram dengan kaldu panas. Daftar menunya juga tak panjang. Semua bagian ayam bisa dipesan tergantung selera.

Selain itu pegimakan lovers juga bisa memesan sop biasa, sop daging ayam, uritan (telor muda), kulit, dada pechok, cakar, paha, tepong (paha atas), kepala, sayap dan brutu (pantat ayam).
Disajikan dalam mangkuk, sop paha ayam tampil dengan kuah kecokelatan bening panas mengepul. Aroma gurih kaldu ayam langsung tercium. Paha ayam dipotong-potong jadi beberapa bagian.

Tak ada jejak minyak yang tergenang di permukaannya.  Ditambah sedikit perasan air jeruk nipis dan sambal, kuah sop ayam ini akan benar-benar menghangatkan lidah. Lauk pelengkap juga tersedia di tiap meja. Tempe goreng dan bergedel tahu. Tempenya berupa tempe bungkus daun yang mungil dan digoreng kering. Renyah gurih. Bergedel tahunya bundar pipih, tahu halus yang dicampur dengan tauge pendek. Gurih sedikit renyah.

Harga

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 5.000,- sampai Rp. 15.000,- tergantung bagian ayam yang dipilih. Yang paling murah nasi sup ayam Rp. 5.000,- dan yang paling mahal nasi sop dada penchok Rp. 15.000,-.

Lokasi

Jalan Mayor Kusmanto No. 23 Klaten

Atau Anda juga bisa mengunjunginya di Jalan Brigjen Sudiarto No. 17 Gading Solo, Surakarta.

Jam Buka

Mulai dari pukul 07.00 sampai 21.15 WIB.

Selamat berkuliner Pegimakan Lovers.

Source Pegimakan Sop Ayam Pak min
Comments
Loading...