pegimakan.id

Enaknya Jenang Mirah Khas Ponorogo Jawa Timur

0 21

Jenang

Jenang jika didaerah lain dikenal didaerah sebagai Dodol, adalah makanan yang terbuat dari beras atau ketan yang dimasak dengan gula merah dan santan kelapa. Sedang nama “Mirah” sendiri merupakan nama orang yang merintis usaha pembuatan dan penjual jenang dari Desa Josari Kecamatan Jetis Ponorogo.Usaha pembuatan jenang oleh Mbah Mirah sudah dimulai sejak tahun 1955. Saat itu Mbah mirah menjajakan jenang dari pasar ke pasar dan dari stasiun ke stasiun

jalur kereta api Ponorogo-Madiun masih aktif).Siapa nyana usaha tersebut berkembang dan lestari sampai sekarang. Bahkan mendatangkan berkah perekonomian bagi warga Josari yang sekarang terkenal sebagai sentra industri “jenang Mirah”.

nang mirah yang berwarna coklat kehitaman dengan taburan wijen itu terkenal dengan rasanya yang manis, legit dan aromanya yang harum. Hal ini tidak lepas dari penggunaan bahan alami yang bermutu dan tanpa campuran pengawet. Selain itu, cara memasaknya yang masih memakai kayu itu, menambah cita rasa khas gurih dan harum jenang mirah.

Meski tanpa pengawet, Jenang mirah dapat bertahan selama 7 hari untuk jenang yang terbuat dari ketan. Sedang untuk jenang beras hanya mampu bertahan selama 3-5 hari, dan untuk jenang campuran beras dan ketan mampu bertahan selama 5-7 hari.Maka tak heran jika pada hari-hari biasa jenang mirah selalu laris. Apalagi pada saat libur lebaran jenang mirah selalu banyak diburu oleh penggemarnya baik dari dalam maupun luar kota Ponorogo. Selain karena kelezatannya jga harganya cukup terjangkau oleh berbagai kalangan.

 

Source pegimakan.id www.google.co.id
Comments
Loading...