pegimakan.id

Kelaq, Sayur Tradisional Khas Lombok

Tak hanya keindahan alam, kuliner Lombok juga wajib dijelajah. Terkenal dengan cita rasa pedas, ada satu lagi jenis penganan pulau kaya budaya ini yang tak boleh terlewatkan. Yakni ragam kelaq, sayur khas Lombok.

Kelaq batih

Kelaq batih merupakan tumis sayur dengan bahan utama biji buncis yang sudah tua dipadukan dengan daun singkong muda, lalu dibumbui rempah-rempah–disebut juga ragi beleq. Inilah yang membuat rasanya jadi khas.

Tak lupa campuran terasi serta cabai merah ikut memperkaya rasanya jadi pedas-pedas gurih. Sayang, kelaq batih kini jarang ditemui di pasaran, walau masih jadi menu andalan masakan rumahan yang mudah dibuat sendiri.

Kelaq kelor

Daun kelor umumnya sering digunakan sebagai obat atau memandikan jenazah. Namun di Lombok, daun kelor biasa diolah jadi sayur bening atau tumisan dengan cita rasa yang khas.

Untuk mencicipi kelaq kelor terbaik, ada warung makan kelor yang senantiasa menyajikan kelaq kelor sebagai menu utamanya. Tepatnya di warung makan kelor yang berada di Pancor, Lombok Timur. Agar lebih nikmat, kelaq kelor cocok disantap bersama nasi putih dan sambal terasi.

Kelaq lebui

Sayur khas ini dikenal juga dengan nama Lebui kelaq pangkes atau lebui kelaq sebie. Yakni jenis kacang-kacangan bernama lebui–bentuknya serupa biji kedelai hitam, yang dimasak dengan campuran daging sapi has dalam, irisan bawang merah, daun bawang yang cukup banyak, serta daun kemangi.

Baunya harum, rasanya asam pedas berminyak, dan warnanya kehitaman. Sayur ini paling pas disantap saat panas, dengan nasi yang masih mengepul ditambah kerupuk kulit Lombok dan ikan tongkol goreng.

Di beberapa tempat, seperti di Masbagik Timur, kelaq lebui biasanya dicampur dengan pepaya muda dan dawung–jenis dedaunan yang tumbuh di pematang sawah.

Kelaq pedis panas

Dalam bahasa Sasak–bahasa daerah Lombok, Pedis artinya asam atau kecut, dan panas artinya pedas. Rasanya agak mirip sayur asam di Sunda. Namun kuahnya lebih gelap dan cenderung merah karena penggunaan cabai merah serta tomat yang dominan.

Kelaq pedis panas menggunakan kemangi sehingga terasa segar. Untuk isian, ada labu siam, jagung manis, terong, kecipir, kacang panjang, dan daun pakis. Cocok bagi Anda pencinta sayuran.

Kelaq sebie

Kelaq sebie merupakan sayur khas Lombok yang terkenal paling pedas. Sebab seperti namanya, sebie dalam bahasa sasak berarti cabai. Pun bahan utamanya, cabai rawit hijau.

Selain pedas, kelaq sebie menggoyang lidah karena dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, garam, terasi dan santan yang kental. Kelaq sebie akan terasa lebih nikmat jika ditambahkan terong, ikan tongkol, dan kacang panjang.

Source Pegimakan.id Kelaq
Comments
Loading...