pegimakan.id

Kenikmatan Manisnya Dodol Mangga Khas Indramayu

Bagi sebagian orang yang pernah mengunjungi Kabupaten Indramayu pastinya sudah pernah mencoba dengan buah mangga. Selain mangga, ada juga aneka macam kerupuk dan terasi khas indramayu.

Dua jenis makanan itulah yang selalu ada di kios-kios yang menjajakan oleh-oleh khas Indramayu disepanjang jalan raya lohbener hingga ke Jatibarang. Indramayu juga kaya akan jenis makanan khas yang terbuat dari buah mangga, salah satunya yaitu Dodol Mangga.

Dodol mangga merupakan salah satu makanan maupun cemilan yang berasal dari kota indramayu. Dodol mangga sedikit berbeda dengan dodol daerah lain seperti dodol dari Kabupaten Garut, karena dodol ini murni berbahan mangga yang hanya dicampur gula sedikit.

Citarasa yang dimiliki dodol mangga memang manis yang pas sedikit asam sehingga bisa menyegarkan lidah. Selain itu dodol mangga juga memiliki tekstur yang kenyal sehingga makanan ini memang sudah sangat pas dilidah. Dengan ciri khas warna daging buahnya yang begitu menggoda selera hingga membuat semua orang menjadi tertarik akan keindahan warna yang dimilikinya.

Dodol mangga khas Indramayu yang asli tentu berasal dari mangga asli. Ada dua tipe mangga yang digunakan yakni mangga yang sudah matang dan mangga yang belum terlalu matang. Perbedaannya pada warnanya, jika menggunakan mangga yang masih mudah atau belum terlalu matang, warna dodolnya coklat pekat, sementara untuk dodol yang menggunakan mangga yang sudah matang warnanya coklat muda.

Salah satu penjual dodol mangga yang cukup terkenal yaitu Ibu Maftukhah dari Blok Anjun Desa Tenajar Lor Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Dodol mangga buatan ibu Maftukhah berbeda dengan dodol mangga yang ada di pasaran atau supermarket. Karena produk buatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan tidak menggunakan agar-agar.

Untuk membedakan keaslian dodol mangga khas Indramayu buatan Ibu Maftukhah dengan dodol mangga yang lain adalah terletak pada dodolnya. Dodol mangga buatan Ibu Maftukhah dengan merek Karwek ini pasti lengket di plastik pembungkusnya, sementara dodol mangga yang tidak lengket menggunakan agar-agar sehingga tidak lengket di plastik tetapi rasa gulanya masih terasa. Untuk harga satu pack dodol mangga ibu Maftukhah dihargai Rp. 40.000, atau 10 dodol mangga dikemas dalam satu plastik seharga Rp 10.000.

No. Telepon. 087727648530

Source Pegi Makan Dodol Mangga
Comments
Loading...