pegimakan.id

Kesegaran Cindua Langkok Los Lambuang Bukittinggi Padang

Cindua berarti cendol, sedangkan langkok berarti lengkap, cindua langkok, cendol dengan isi yang lengkap dengan tambahan : lupis, cendol berwarna hijau dan coklat muda, ampiang (beras ketan yang ditipiskan), santan, dan gula merah.

Cindua atau cendol yang terdapat dalam cindua langkok tidak seperti cendol Bandung. Cendol Bandung menggunakan tepung beras, sehingga keras, sedangkan cindua sangat lembut, tidak menggunakan tepung beras, tapi menggunakan tepung sagu. Bentuknya kecil-kecil tidak rata, berbeda dengan cendol Bandung yang mempunyai bentuk yang hampir sama, besar dan rata.

Cindua langkok dapat dibeli di Los Lambuang Bukittinggi, di area penjual nasi kapau dan katupek kapau. Cindua langkok disajikan di dalam piring, karena ada lupis dan ampiang. Kalau hanya memesan cendol saja (cendol warna hijau, warna coklat, santan, dan gula merah), disajikan di dalam gelas.

Pembeli dapat memesan sesuai selera. Saya tidak suka ampiang, sehingga saya pesan cindua langkok tanpa ampiang. Ada tiga menu yang disediakan penjual cindua langkok di los lambuang, (1) cindua langkok, (2) cindua ampiang (cendol langkok tanpa lupis), (3) lupis satu porsi berisi 3 buah. Cindua langkok dan cindua ampiang dapat ditambah potongan es, jika suka. Harga sepiring cindua langkok Rp. 7000, sepiring cindua ampiang Rp.6.000, dan seporsi lupis seharga Rp.5.000.

Cindua langkok merupakan makanan selingan, dimakan sore atau waktu antara sarapan dan makan siang. Penjual yang ada di los lambuang buka dari pukul 10:00-17:00 WIB. Cindua langkok lebih enak makan di tempat, tidak dibawa pulang, agar ampiang, lupis, dan cindua lebih terasa.

Saya lebih suka makan cindua langkok di los lambuang, karena tempatnya terbuka dan rasanya lebih enak. Gelas dan teko air putih, untuk minum disediakan di dalam nampan, gratis. Pembeli dapat menuangkan air putih sesuai kebutuhan ke dalam gelas. Selain di los lambuang, ada beberapa warung (lapau) di pasar atas yang menyajikan cindua langkok.

Source pegimakan.id Jamgadang
Comments
Loading...