pegimakan.id

Kue Cimplo dan Kue Surabi Makanan Penuh Sejarah Khas Indramayu

Tradisi ialah suatu kegiatan yang sejak lama telah dilakukan  dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

Berpredikat sebagai Negara maritim, membuat  Indonesia kaya akan nilai budaya dan tradisi. Tradisi ini lah yang sering dilakukan masyarakat sebagai ritual atau pertanda menyambut suatu hal yang istimewa. Keanekaragaman budaya dan tradisi di Indonesia, melahirkan segudang kuliner yang memiliki ciri khas tersendiri sebagai wajah dari daerah tertentu yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Sebagai salah satu kota yang memiliki sejarah dan perkembangan peradaban manusia membuat wilayah Indramayu memiliki beragam kuliner nikmat dan tradisi unik yang masih terjaga sampai sekarang. Salah satunya Kue Cimplo.

Bagi penduduk asli Kabupaten Indramayu, yang hingga kini masih patuh terhadap adat istiadat nenek moyang, memasuki bulan Safar atau sebutan bulan bala oleh penduduk setempat selalu syukuran dengan membuat kue “Cimplo”.

Cimplo merupakan makanan dengan bentuk yang hampir sama menyerupai apem dan serabi, makan ini  memiliki bahan dasar  dari campuran tepung beras dan terigu serta tambahan ragi instan untuk mengembangkan adonan kemudian dipanggang dalam cetakan khusus kemudian dihidangkan dengan gula merah yang dilarutkan dan dicampur parutan kelapa. Kue Cimplo dibandrol dengan harga Rp.2.000 sampai Rp. 5.000 perbungkusnya.

Kue Surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indramayu, Jawa Barat, Indonesia. Serabi seperti pancake dan mempunyai banyak variasi terutama kuahnya. Surabi berbahan utama tepung terigu, serabi jadi jajanan tradisional favorit banyak orang. Serabi manis awalnya diberi kinca atau kuah gula merah saja. Namun seiring berjalannya waktu, muncul serabi modern dengan ragam topping lain. Mulai dari keju, cokelat, jagung, pisang, nangka, hingga Oreo.

Serabi kini juga bisa dinikmati dalam bentuk serabi isi. Beberapa olahan makanan seperti daging ayam, telor, kornet dimasukkan ke dalam serabi yang menjadi alternatif pilihan yang menggugah selera. Sensasi berbeda ditiap jenis serabi menjadikan kuliner yang satu ini begitu digemari para pecinta kuliner nusantara.

Untuk Harga Surabi pun cukup beragam mulai dari harga Rp. 5.000 untuk yang original sampai harga Rp. 20.000 untuk Surabi isi. Untuk bisa menikmati Kue Cimplo atau Surabi ini banyak kita temui di sepanjang jalan pantura atau di tempat toko oleh-oleh khas indramayu.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Serabi Kue Cimplo
Comments
Loading...