pegimakan.id

Kue Lontar, Makanan & Oleh Oleh Khas Papua

Berbicara tentang kuliner yang berasal dari bagian timur Indonesia, kebanyakan makanannya terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Sebut saja Papua, pulau dengan luas hampir 810 ribu km persegi itu memiliki beragam makanan khas yang terbuat dari sagu. Bagi sebagian orang yang tidak biasa dengan sagu, mungkin akan menganggap makanan-makanan khas Papua terasa tidak enak karena kurang cocok di lidah.

Padahal kalau kamu tahu, tidak hanya sagu yang menjadi makanan pokok penduduk Papua. Untuk itu, apabila kamu berkesempatan untuk mendatangi kota-kota yang berada di pulau Papua, jangan sampai melewatkan kuliner khas yang dimiliki oleh kota – kota Papua

Kue Lontar

Tidak melulu berbahan dasar sagu, Papua juga mempunyai makanan khas yang enak dan cocok untuk semua lidah orang Indonesia. Makanan tersebut adalah kue lontar. Kue lontar merupakan kue khas Papua yang menurut sejarah kedatangannya dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa lalu. Pada mulanya kue ini disebut dengan rontart, tapi karena agak sulit dilafalkan maka penduduk Papua akhirnya menyebut kue ini menjadi kue lontar.

Kue lontar sendiri mirip seperti kue pie susu yang terkenal dari Bali. Kue lontar dibuat dari bahan dasar telur yang kemudian dicetak menggunakan piring keramik. Orang-orang Papua biasanya membuat kue lontar ketika hari raya lebaran dan natal. Di Papua, kue lontar dibuat dengan cetakan yang besar sehingga ukuran kue yang dihasilkan juga besar. Tapi untuk kamu yang ingin membeli kue lontar sebagai oleh-oleh, ada juga yang ukurannya kecil demi kemudahan pengunjung untuk membawanya ke kampung halaman.

Kue Khas Papua ini sudah banyak di jual di kota besar loh..

Salahsatunya di Jawa barat ,  Alamat  : Cluster Grand Rosella C1, Jl Sirojul Munir, RT 08 / RW.09, Pakansari, Cibinong, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16710, Indonesia.

Source pegimakan.id Makanan Oleholeh
Comments
Loading...