pegimakan.id

Kuliner 90’an yang manis dan Legendaris di Indramayu

Bagi sebagian orang yang pernah mengunjungi Kabupaten Indramayu, pastinya sudah pernah mencoba dengan buah mangga. Ya, itulah salah satu makanan khas Indramayu yang sudah melegenda. Selain mangga, ada juga aneka macam Bubur Glintir dan Gemblong.

Bubur Glintir merupakan makanan khas Indramayu, Jawa Barat, Indonesia. menurut masyarakat sekitar dinamakan Bubur Glintir ini karena cara pembuatan bubur ini di glintir-glintir (Bahasa Indramayu) atau dalam bahasa Indonesia di Bentuk Bulat. Kue ini terbuat dari tepung beras dan ketan sebagai bahan utamanya. Tepung ketan untuk membuat candil dan tepung beras untuk membuat buburnya. Satu lagi bahan utamanya yaitu santan kelapa dan juga gula merah. Tidak lupa pula daun pandan sebagai penyedap rasanya. Bentuk bubur glintir adalah bulat-bulat.

Gemblong 

Panganan ini termasuk makanan tradisional yang banyak penggemarnya. Ada dua buah geblog. Geblog pertama berbahan dasar singkong dan geblog kedua berbahan dasar ketan hitam. Dua-dua memiliki rasa yang berbeda dan memiliki bentuk yang sama yaitu dipotong-potong empat persegi panjang. Selain itu diatasnya ditaburi parutan kelapa dan kadang-kadang juga dicampur gula pasir. Kalau di Jakarta, gemblong ini berbahan dasar ketan putih yang kemudian ada lapisan gula merah  ataupun juga gula putih. Tapi kalau di Jawa, makanan ini beda lagi namanya yaitu getas. Dan yang membedakannya adalah getas ini berbahan dasar ketan hitam dengan balutan gula putih.

Harga ke dua makanan ini sangat murah yaitu sekitar Rp.2.000 sampai Rp.5.ooo. Untuk bisa menikmati manisnya kedua makanan ini, banyak kita jumpai di jalan pantura indramayu atau di toko oleh oleh khas indramayu.

Selamat mencoba.

Source Pegi Makan Makanan Khas Indramayu
Comments
Loading...