pegimakan.id

Kuliner Berbagai Macam Kerang yang Berkhasiat di Medan

Hai, Anda pecinta seafood?  Berikut adalah salah satu tempat kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Medan.
Binatang pemilik cangkang keras yang berfungsi untuk melindungi tubuh lunaknya ini, kerap dihadirkan dalam rupa kerang rebus dengan sambal nenas kacang tanah sebagai pendamping makannya. Kehadiran sambal nenas kacang tanah bukan dihadirkan semata sebagai pendamping tanpa makna saja, melainkan untuk menetralisir aroma amis yang masih menguar dari tubuhnya. Tentu juga ditujukan sebagai penambah rasa nikmat para penyantapnya.


Salah satu warung kerang rebus yang cukup terkenal di Kota Medan adalah Warung Papa Kerang. Berdiri sejak tahun 2008 Papa Kerang memanjakan para pecinta kerang dengan ketersediaan 14 jenis kerang yang dapat dikonsumsi dengan harga cukup terjangkau. Tentu saja untuk para pecinta kuliner yang mengaku penggila kerang, memesan satu jenis kerang saja dianggap belum memadai.
Akan tetapi, jumlah ragam kerang yang tersedia setiap harinya tidak dapat dijamin dengan pasti, karena tergantung ketersediaannya di tangan pemasok.

Uniknya, beberapa jenis dari kerang tersebut ternyata memiliki khasiat yang berbeda-beda. Seperti misalnya kerang gonggong atau kerap juga disebut siput gonggong, yang disebut-sebut memiliki khasiat untuk menambah gairah seksual kaum pria. Akan tetapi, kerang yang habitat aslinya berasal dari Tanjung Pinang ini, diklaim sudah sangat terbatas ketersediaannya di lautan.

Tekstur daging kerang gonggong cenderung kenyal dan sedikit alot dibanding mayoritas kerang lainnya. Untuk mengeluarkan dagingnya dari dalam cangkang harus dibantu dengan tusuk gigi, lalu dicocolkan ke dalam sambal nenas kacang tanah.
Selain kerang gonggong, yang juga memiliki khasiat khusus adalah kerang macan. Hanya saja, perbedaannya kerang macan lebih ditujukan untuk kaum hawa. Kerang berukuran kecil dengan cangkang bercorak loreng macan ini dipercaya sebagai penambah gairah keperempuanan.
Di samping kedua jenis kerang itu, masih ada kerang panggang pulut yang memiliki bentuk lebar dengan cangkang tak terlalu tebal, licin putih bersemburat kehijauan. Kerang panggang pulut ini diklaim memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Biasanya, kerang panggang pulut tidak disajikan dengan cangkangnya, melainkan sudah dikeluarkan dagingnya dan dipotong kecil-kecil sebelum diletakkan pada piring kecil. Meskipun dilengkapi dengan sambal nanas kacang tanah, tapi kerang panggang pulut juga dikucuri dengan sambal kecap pada piring sajinya. Untuk cita rasanya, daging kerang panggang pulut ini lebih mirip rasa jamur, sedikit kenyal namun tetap terasa kelembutannya.
Kerang yang juga cukup unik adalah kerang baling-baling. Seperti namanya, bentuk kerang ini memang menyerupai bilah baling-baling dan cukup besar. Dipercaya mampu menyembuhkan sakit pinggang hingga tingkat tertentu dan sakit pada pencernaan. Rasanya hampir sama dengan kerang bulu, lembut dan gurih.
Di luar kerang yang sudah disebutkan, masih ada juga kerang wale, kerang bulu, kerang bambu, kepah dan beragam jenis kerang lainnya yang tersedia di Papa Kerang. Yang jelas, jika Anda memang penyuka kerang laut, Papa Kerang adalah salah satu surganya.
Porsi bumbu untuk perebusan juga sangat diperhatikan takarannya, sehingga semakin menguatkan aroma kelezatan kerang dan mengurangi aroma amis yang mengganggu, dengan dibubuhkan garam, daun serai, jahe dan lengkuas.

Lokasi : Jalan Sutomo Ujung No. 102B, Simpang Jalan Bambu I, Medan, Sumatera Utara 202236.
Jam Buka
Dengan jam buka dari pukul 18.00 hingga pukul 01.00 WIB, selepas Magrib warung Papa Kerang selalu dipadati para pengunjung. Adapun mayoritas pengunjung berasal dari kalangan etnis Tionghoa yang memang dikenal menyukai hidangan seafood.
Harga
Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000,- per porsi.
Bagaimana? Menarik bukan.
Selamat berkuliner.

Source Pegi Makan Papa Kerang
Comments
Loading...