pegimakan.id

Kuliner Gurih Manisnya Awug Khas Garut

Kuliner lainnya yang sangat khas dari Garut dan terbilang populer adalah Awug Garut. Panawuan adalah sebuah daerah yang mana penduduknya memiliki keahlian membuat awug Garut dengan sangat lezat.

Awug adalah makanan tradisional khas Garut sekaligus makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Awug terbuat dari tepung beras yang diolah sedemikian rupa kemudian diberi isian gula merah. Awug lebih nikmat jika disantap dalam keadaan masih panas. Awug ini rasanya sangat mirip sekali dengan kuliner putu yang lembut, legit, dan mengenyangkan. Dari bahan yang sama juga bisa menjadi penganan lain dengan nama beda, yaitu kue Putu. Bedanya kue putu dicetak dalam potongan bambu kecil berukuran kira-kira panjang 6 cm, sedangkan Awug dicetak dalam ‘Aseupan’ berbentuk piramid.

Biasanya kuliner Awug ini banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 3.000 untuk satu porsi awug dengan porsi besar. Awug bisa dinikmati saat pagi sebagai sarapan pengganti nasi, atau dinikmati sore hari sebagai teman cemilan. Lebih pas jika minumnya adalah teh panas Cikajang atau Teh Cigasong.

Selamat menikmati wisata kuliner khas Garut.
Source Pegi Makan Awug
Comments
Loading...