pegimakan.id

Kue Laklak Jajanan Tradisional Khas Pulau Dewata

Kue Laklak atau yang biasa disebut Jaje Laklak dalam masyarakat bali, adalah kue mungil yang berbentuk lingkaran berdiameter 3 cm, dan memiliki rasa yang gak pernah ada matinya. Laklak adalah Serabi versi Bali. Yang langsung mencuri perhatian adalah cara memasaknya yang menggunakan kendi tradisional diatas api yang besar, lalu ditutup hingga adonan mengembang.

Secara umum, Kue Laklak berwarna putih dan ada pula yang berwarna hijau, warna hijau berasal dari pewarnaan alami yaitu berasal dari air daun pandan yang dicampurkan kedalam adonan. Namun, terkadang Kue Laklak ada yang diberi perwarna makanan berwarna merah muda atau berwarna coklat. Kue Laklak berbahan dasar tepung beras, dicetak menggunakan cetakan serabi tanah liat.

Teknik memasaknya yang unik dan ukurannya yang lebih kecil namun lebih tebal, menghasilkan kontras tekstur yang crispy di luar tapi lembut di dalam. Berbeda juga dengan serabi yang lebih lembek lalu disiram dengan kuah santan, Kue Laklak ditaburi dengan parutan kelapa dan sirup gula merah. Benar-benar pencuci mulut yang bikin ketagihan.

Kue Laklak bisa didapatkan di seluruh Pasar tradisional Bali. Pedagang biasanya menjual Kue Laklak ini seharga Rp. 5.000 per porsi yang berisikan 5 buah Jaje atau Kue Laklak. Jajanan yang satu ini sudah buka cabang di Jalan Nusa Indah No.69 Denpasar. Kue Laklak biasanya disajikan dipagi hari di tambah dengan hangat nya kopi.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Kue Laklak
Comments
Loading...