pegimakan.id

Lempah Darat, Kuliner Turun Temurun Kuliner Khas Bangka Belitung

Lempah Darat

Masakan Lempah Darat merupakan masakan yang berasal dari pulau bangka belitung, masakan ini merupakan salah satu masakan favorit masyarakat bangka belitung. Selain rasanya yang khas masakan ini juga sangat enak saat disantap. Masakan ini terbuat dari bahan dasar talas yang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A dan C. Manfaat utama dari talas ini yaitu dapat menambah sumber energi, melancarkan pencernaan, dapat menyehatkan jantung, membantu menstabilkan tekanan darah, meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi kelelahan dan anti aging.

Resep masakan ini merupakan campuran dari bahan dasar talas dan beberapa bumbu-bumbu yang dihaluskan seperti cabai rawit, cabai merah, terasi, garam dan penyedap rasa. Ok langsung saja kita simak bersama bagaimana cara membuat resep masakan lempah darat khas bangka belitung.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lempah darat :

10 batang Talas/Keladi

2 ikat Daun Idat muda

1 ikat Daun Kencur muda

12 buah Terong Pipit muda

5 buah Terong Ungu muda

1 ikat Kucai

1 ikat Kacang Kecipir

½ ons Terasi

5 buah Cabai Rawit

8 buah Cabai Merah

1 sendok teh Garam

½ sendok teh Penyedap Rasa

1 sendok makan Gula

1 liter Air

Nah semua bahannya sudah siap, silahkan anda simak bagaimana cara membuat masakan lempah darat khas bangka belitung ini.

Cara membuat masakan lempah darat khas bangka belitung :

Pertama anda bersihkan terlebih dahulu talasnya kemudian anda potong menjadi 2,5cm , selanjutnya potong belah dua terong pipih dan terong ungunya, kacang kecipirnya dipotong menyiku 1cm, lalu daun kencur muda dan kucai dipotong menjadi 1cm. Nah kemudian anda cuci semua bahan yang telah anda potong tadi hingga bersih semua.

Kemudian anda haluskan bumbu-bumbunya (cabai rawit, cabai merah, terasi, garam, dan penyedap rasa). Selanjutnya anda didihkan air, setelah mendidih anda masukkan semua bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kemudian anda masukkan talas, terong pipit, terong ungu, kacang kecipir, kucai, dan daun kencur muda. Setelah sayurnya sudah layu, lalu anda masukkan gula dan daun idat muda yang telah anda remas.

Setelah matang, anda matikan apinya dan siap dihidangkan dan Sajikan

Memang dalam membuat sayur ini sangat sulit sekali bila anda tidak teliti dalam memasak, namun semua kesulitan itu akan terbayar jika anda sudah menikmati sayur lempah darat yang lezat ini. Apabila anda reepot untuk memasaknya,kiniada warung raihan yang menyediakannya

Warung Raihan Tawarkan Masakan Bangka

Anda yang hobi berwisata kuliner, Rumah Makan Raihan yang terletak di jalan Kyai Abdurahman Siddik Nomor 288 (Jalan RRI) Pangkalpinang dapat menjadi tujuan anda. Rumah makan ini menyediakan beragam sajian makanan khas Bangka mulai dari lempah kuning hingga makanan penutup.

Warung Raihan buka setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB menyediakan menu utama khas Bangka yaitu lempah kuning, lempah ayam pucuk kedondong, lempah darat, aneka pempek, mie kuah, lontong sayur, selada serta menawarkan semua sayur mayur lainnnya. “Rumah makan kita menawarkan semua masakan khas Bangka, dan kita lebih mengutamakan kepuasan pengunjung, serta dengan harga yang sangat murah mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 18 ribu per porsi,”ujar Novira pemilik Warung Raihan.

Selain dapat menikmati santap makan bersama, Warung Raihan juga menawarkan aneka jus buah segar. “Kami juga menyediakan beraneka ragam jenis jus dari buah segar,” terangnya. Ia menambahkan, tak hanya melayani makan ditempat, Warung Raihan juga melayanai pesanan antar untuk wilayah Pangkalpinang. “Kita juga melayani pesanan yang siap diantar untuk wilayah Pangkalpinang,”tandasnya seraya melanjutkan, untuk pesanan Anda dapat menghubungi 0821179380899.

Source pegi Makan Radar Bangka
Comments
Loading...