pegimakan.id

Lezatnya Dodol dan Ladu Malangbong Khas Garut

Harus diakui bahwa kota Garut ini memiliki segudang makanan yang luar biasa. Disamping kota Garut ini terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik, kota Garut ini juga banyak dikenal wisatawan dengan oleh-oleh dan makanan khasnya yaitu Dodol Garut dan Ladu Malangbong.
Dodol memang banyak juga ditemukan di daerah lain selain Garut, namun dodol Garut memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan dodol dari kota-kota lain di Indonesia. Dodol Garut merupakan camilan khas Sunda dari kota Garut, Jawa Barat. Komoditas ini telah berlangsung sejak tahun 1962 yang dipelopori oleh Ibu Karsinah menggunakan proses dan cara pembuatan sederhana dan seiring dengan berkembangnya waktu, Dodol Garut terus berkembang dan tetap menjadi salah satu kuliner khas dan juga komoditas Garut yang dibanggakan. Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat.
Mengapa Dodol Garut begitu terkenal, Dodol Garut punya cita rasa yang berbeda dari dodol lainnya, Harganya terjangkau dan disukai oleh masyarakat, Proses pembuatannya sangat sederhana dan bahan bakunya pun mudah didapat, Tidak menggunakan bahan pengawet, Dodol Garut tahan lama bisa sampai 3 bulan lamanya.

Ladu Malangbong adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan, kinca gula aren, gula putih, gula aren merah, kelapa yang sudah diparut. Tekstur makanan ini agak kasar dan jika digigit kenyal mirip dodol namun sensasinya berbeda dan inilah yang membuat ladu makanan tradisional khas yang pertama dipopulerkan oleh masyarakat Malangbong.
Untuk mendapatkan Dodol dan ladu Malangbong di Garut tidaklah susah, karena banyak sentra oleh-oleh di Garut yang menyediakan aneka makanan khas garut. Salah satunya di Toko Oleh-Oleh SBR III yang terletak di Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut. Toko oleh-oleh ini buka mulai jam 08.00 hingga pukul 23.00.
Source Pegi Makan Dodol Garut Ladu Malangbong
Comments
Loading...