pegimakan.id

Lezatnya Ikan Gabus Bumbu Pucung dikota Karawang

Jika mendengar kata Karawang, kita akan teringat kalau kota tersebut khas dengan dua hal yaitu kota industri sekaligus kota lumbung padi. Karawang memang memiliki kawasan industri yang menjadi salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia, juga penghasil padi yang menyumbang jumlah yang besar. Namun ternyata, di Karawang juga terdapat berbagai wisata kuliner yang enak.

Kuliner khas Karawang yang pertama adalah ikan Gabus Bumbu Pucung. Ikan Gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dijual dalam keadaan hidup, segar maupun menjadi gabus asin. Meskipun Ikan Gabus di Indonesia sangat popular dan digemari, tetapi sampai saat ini ikan gabus belum banyak dibudidayakan. Ikan Gabus merupakan ikan air tawar daerah tropis seperti Afrika dan Asia termasuk Indonesia. Sebagian besar produksi Ikan Gabus di Indonesia berasal dari tangkapan alam.

Salah satu tempat makan yang menyediakan ikan gabus bumbu pucung yang ada dikarawang yakni Rumah makan mandiri. Di kedai yang sudah berusia 25 tahun ini kita bisa mencicipi menu yang disebut Gabus Pucung. Penampilannya mirip dengan Rawon dengan kuah kehitaman karena menggunakan keluak yang disebut dengan nama picung oleh warga setempat. Kuahnya encer, sedikit pedas dengan semburat keluak dan cabai saat mengaduk kuahnya. Sementara setiap porsi mangkuk berisi sepotong ikan gabus yang memiliki telur.

Menu khas kali ini adalah Sayur Ikan Gabus Bumbu Pucung. Menu khas ini sebenarnya masakan khas Betawi yang disebut “Gabus Pucung” yaitu Ikan Gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak (mirip dengan masakan Rawon khas Jawa Timur). Satu kilogram Ikan Gabus, yang jumlahnya antara tiga dan empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000,- Sedangkan gabus segar dipatok harga Rp.35.000,- per kg.

Sementara nuansa Sunda muncul dari aneka Pepes yang ditawarkan. Tersedia Pepes Jamur, tahu, ayam, ikan mas, oncom, ikan lele, ikan peda, jambal, hingga kembang cau. Pepes yang disebut terakhir merupakan Pepes yang paling khas dan disukai. Kembang Cau berarti kembang pisang dalam bahasa Sunda. Namun yang dimaksud sebenarnya adalah jantung pisang.

Pepes Kembang Cau menyajikan jantung pisang yang dimasak dengan bumbu pepes iris seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Harganya Rp 2.500 per bungkus.

Rumah makan mandiri berada di Jl. Pangkal perjuangan No. 48, karawang. Buka mulai pukul 06.00 sampai dengan 19.00.

Selamat Berkuliner.

Source Pegimakan Ikan Gabus Bumbu Pucung
Comments
Loading...