pegimakan.id

Lezatnya Sate Matang Khas Aceh

Sumber foto : http://www.viva.co.id

Kuliner yang satu Ini Terkenal dengan Rasanya yang Gurih dan Aroma yang Istimewa. Sate Matang namanya, Sate satu ini memang sekilas hampir mirip dengan sate di Indonesia pada umumnya, namun dalam segi penyajian dan rasanya sangat berbeda dan sangat khas.

Nama Sate Matang ini diambil dari nama suatu tempat di Aceh, yaitu Kota Matang Geuleumpang Dua, Kabupaten Bireuen. Sate Matang kemudian mulai populer dan dikenal oleh masyarakat luas sejak tahun 1990an. Hingga kini Sate Matang mulai menyebar luas, tidak hanya di Aceh saja, namun juga terdapat di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Sate Matang terdapat 2 jenis pilihan,pertama jenis dagingnya dari daging sapi dan kedua dari daging kambing. Kita bisa memilih sendiri daging mana yang disuka sesuai dengan selera. proses memasaknya, dimana daging yang telah dipotong kecil-kecil diungkep dengan bumbu ketumbar, bawang putih, jahe, kunyit dan garam terlebih dahulu, kemudian baru setelah itu ditusuk dan dibakar.

Satu lagi keunikannya, selain disajikan dengan bumbu kacang yang diracik secara khas, Sate Matang juga dilengkapi semangkuk kuah soto. Kuah soto ini terkadang berisi potongan kentang dan daging yang membuatnya gurih dan segar saat masuk ke mulut kita. Aroma khas dari sereh dalam kuah begitu terasa nuansanya. Berbeda dengan Kari Itik yang identik sebagai menu makan siang di Banda Aceh,Sate Matang bisa dikatakan termasuk hidangan untuk makan malam.

Tak hanya Kabupaten Bireuen sebagai pusatnya, namun di beberapa kabupaten atau kota di Aceh seperti di jln.Blang Cut, Lueng Bata, Kota Banda Aceh juga menyediakan sate matang ini.

Di warung sate milik H. Darmawan atau yang akrab disapa D’wan ini Anda bisa menikmati sate Matang yang sudah dikenal kelezatannya sejak 1990. Warung Sate Matang D’wan buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai jam 00.00 WIB. Harga satu porsi sate Matang D’wan, terdiri nasi, 10 tusuk sate (daging sapi)/(daging kambing), bumbu kacang, dan kuah kaldu, Anda hanya perlu membayar Rp.25.000. Sedangkan jika Anda ingin menambah satenya, Anda hanya membayar Rp.2.500 per tusuknya.

Sumber : https://www.indonesiakaya.com dan https://ksmtour.com

pegimakan.id
Comments
Loading...