pegimakan.id

Lontong Jukut Serapah Kuliner Khas Pulau Dewata

Makanan khas Bali yang pertama ini adalah lontong jukut serapah. Lontong ini menjadi salah satu kuliner Bali yang paling favorit kalau liburan ke Bali. Makanan ini berbeda dengan lontong pada umumnya, lontong jukut serapah ini memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar, dan ada juga yang bentuknya bulat lonjong.

Biasanya makanan khas daerah Bali ini dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama dengan berbagai macam sayuran yang telah direbus seperti bayam, nangka, pepaya, daun singkong, dan bunga pisang atau jantung pisang. Kemudian disiram dengan kuah kental. Sedangkan kuah lontongnya namanya adalah Telengis, Telengis adalah hasil dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional di Bali. Setelah proses pemisahan minyak dan air dari rebusan santan kelapa, bagian yang tersisa hanya air kemudian disaring. Dan terakhir menyisakan berbentuk adonan cokelat kental seperti bahan tahu, berwarna keabu-abuan yang bernama telengis. Yang membedakan lontong serapah dibungkus menggunakan daun pisang. Di Bali sendiri pemilihan daun pisang untuk pembungkus lontong atau makanan apapun biasanya dipilih dari jenis pisang tertentu. Hal ini agar mendapatkan rasa yang unik, dan juga mempengaruhi tekstur makanan yang dibungkus daun pisang. Makanan ini biasanya disajikan Saat perayaan Galungan dan Kuningan. Tak lupa irisan cabai sebagai pengunggah rasa agar semakin mantap.

Salah satu penjaja makanan tradisional ini adalah sebuah warung sederhana bernama Wensun di Keladian, Dauh Waru, bali. Tidak terlalu besar, namun warung ini menjadi tujuan para penikmat kuliner dari penduduk kota maupun wisatawan yang datang. Harga Lontong Jukut Serapah ini terbilang murah yaitu sekitar Rp.5.000 sampai Rp.10.000. Warung Wensun buka dari jam 07.00 sampai jam 18.00 wita.

Tertarik mencoba?

Source Pegi Makan Lontong Jukut Serapah
Comments
Loading...