pegimakan.id

Lontong Kupang Pak Misari, Kuliner Langka Kuliner Sidoarjo Jatim

Kota Sidoarjo terletak di Jawa Timur dan berbatasan dengan ibu kota provinis Surabaya. Jika lambang Surabaya adalah heman Sura dan Buaya, maka lambang kota Sidoarjo adalah Bandeng dan Udang yang bekejaran. Oke kali ini kita akan mengulas kuliner kota Sidoarjo.

Kupang lontong adalah menu kuliner asal kota Surabaya yang termasuk ke dalam kategori makanan laut atau seafood dengan bahan utama hewan kupang (sejenis tiram kecil) dan potongan lontong.

Kupang lontong termasuk menu kuliner langka karena pada saat ini jumlah pedagang kupang lontong tidak sebanyak dahulu.

Dari sekian banyak pedagang kupang lontong yang bertahan, Kupang Lontong Bapak Misari adalah salah satu penjual Kupang Lontong legendaris yang namanya sudah terkenal di kota Sidoarjo dan kota Surabaya.

Sebelum menempati kios sederhana di Jl. Mojopahit No. 62, Sidoarjo Bapak Misari berjualan Kupang lontong dengan menggunakan mobil serbaguna.

Maka dari itu pada saat ini para pembeli bisa makan Kupang Lontong Bapak Misari dengan lebih nikmat karena tempat makan lebih leluasa daripada sebelumnya dimana kios sederhana dengan ukuran ruang makan 3×4 meter ini bisa menampung sekitar 20 orang.

Bila ada yang memesan Kupang Lontong, Bapak Misari akan segera melayani dengan cepat mulai dari menggerus bawang putih dan cabe lalu ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti bawang goreng yang dihaluskan, gula pasir, petis, jeruk nipis yang diperas, potongan lontong lalu disiram dengan kuah kupang.

Kemudian kupang lontong yang siap saji ini diberi pelengkap lentho yang berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari singkong serut yang digoreng dan diremas. Meskipun kupang lontong termasuk jenis kuliner kategori seafood namun pada saat mencicipi Kupang Lontong Bapak Misari tidak ada kesan amis namun tetap terasa segar.

Untuk variasi tambahan anda bisa menambahkan lontong kupang dengan sate kerang yang sudah tertata rapi di atas meja. Bila belum terbiasa makan kupang lontong dan ingin menghilangkan rasa pedas anda bisa minum es kelapa muda yang rasanya segar dan dingin.

Harga 1 porsi kupang lontong adalah sekitar Rp 8.000 sedangkan untuk sate kerang dijual dengan harga Rp 4.000 untuk 10 tusuk.

Lokasi Kupang Lontong Bapak Misari ada di Jl. Mojopahit No. 62, Sidoarjo (samping toko krupuk mojopahit) yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Sakit Daerah Sidoarjo dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Kupang Lontong Bapak Misari Sidoarjo buka setiap hari mulai pukul 9:30 sampai habis dan supaya tidak merasa kecewa karena kehabisan anda bisa menelpon Bapak Misari untuk memastikan apakah Kupang Lontong Bapak Misari masih ada atau tidak.

Hal ini karena bisa saja Bapak Misari bisa saja sewaktu-waktu tidak berjualan karena kehabisan bahan dasar kupang lontong.

Bila anda berkunjung ke kota Surabaya atau Sidoarjo maka kupang lontong adalah menu kuliner yang wajib dicoba karena menu kuliner ini merupakan salah satu ikon kuliner di tempat ini.

Karena kupang lontong adalah menu kuliner yang tidak bisa tahan lama maka sebaiknya dimakan langsung di tempa

Kupang Lontong Bapak Misari Sidoarjo

Menu Andalan: Kupang Lontong (Rp 8.000/ porsi), Sate Kerang (Rp 4.000/10 tusuk), es kelapa muda (Rp 3.000/ gelas)
Jam Buka: 09.30 – 14.30 (atau sampai habis)
Alamat Lokasi: Jl. Mojopahit No. 62, Sidoarjo (samping toko krupuk mojopahit)
No Telpon : 08123520996
Source Pegimakan.id kulinerkota
Comments
Loading...