pegimakan.id

Mangalomang, Makanan Lemang Dengan Cita Rasa Modern Kuliner Bogor

Berlokasi di pusat kuliner Kota Bogor, Mangalomang yang berada di Jalan Pandu Raya tidak akan sulit ditemukan bagi pencinta kuliner nusantara. Ditemui wartawan koran ini, ownerMangalomang, Muhammad Azhar Haslian mengatakan, ide membuka kafe makanan tradisional bergaya high class, lantaran belum ada yang menjual lemang di Kota Bogor. Dia juga ingin membuktikan bahwa makanan tradisional (lemang, red) bisa terlihat mewah dan berkelas.

“Setahu saya belum ada yang menjual lemang di Bogor, dan belum banyak orang yang mengenal lemang. Hal itu bagi saya adalah sebuah potensi,” ujarnya.

Untuk diketahui, lemang adalah kudapan tradisional khas Padang berbahan dasar ketan yang dibakar dengan daun pisang dan dilapisi oleh batang bambu yang dipadatkan. Sejatinya kuliner ini juga banyak di kawasan Indonesia bagian timur, namun dengan sebutan yang berbeda.

Jika lemang biasanya disajikan dengan daun pisang, warga Cimanggu, Bogor Barat, ini membuat inovasi baru dalam menyajikan lemang yang berbeda. Jebolan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung itu, menyulap lemang dengan memadukannya dengan Ovomaltine, Nuttela, keju mozarella, mangga, rumput laut, hingga dada ayam dengan bumbu pedas.

“Saya memilih makanan tradisional yang menjadi menu kafe saya ini, karena saya ingin melestarikan makanan khas Indonesia. Makanan tradisional pun bisa mewah kalau kita bisa mengolahnya dengan kreativitas,” paparnya.

Pria asal Sumatera Utara ini dulunya adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan tambang terkenal. Setelah bekerja selama empat tahun, dia memilih banting setir dan membuka kafe yang dinamakannya Mangalomang.

Target pasarnya sendiri adalah mahasiswa dan para orang dewasa. Ian -biasa Muhammad Azhar Haslian disapa- menuturkan, dengan adanya makanan tradisional yang dimodifikasi, diharapkan kawula muda mempunyai pandangan yang berbeda. Bahwa, bukan hanya makanan dari luar negeri saja yang berkelas, namun makanan tradisional khas Indonesia juga bisa terlihat mewah.

“Saya berharap dengan adanya Mangalomang ini bisa mengubah image makanan tradisional yang terlihat kuno dan tidak mewah menjadi suatu kudapan yang bisa dibilang mewah dan berkelas, tak kalah dari makanan luar negeri,” tandasnya.

Dari sekian kudapan, menu mangolemang adalah menu favorit kafe khas lemang tersebut. Ketika mencoba memesannya, wartawan koran ini dibuat ngiler. Tiga potong lemang padat yang disiram saus susu santan dengan wijen membuat lemang terlihat menggiurkan. Ditambah dengan potongan buah mangga berwarna oranye kekuningan, kudapan ini begitu menggoda mata..

Kafe ini biasanya buka pada pukul 13.00-22.00 WIB saat weekday dan pukul 11.00-22.00 WIB saat weekend. Range harga sendiri berkisar Rp18-35 ribu, tergantung dari pendamping lemang tersebut.

Source Pegimakan.id wonderful.radarbogor
Comments
Loading...