pegimakan.id

Manisnya Kue Nagasari dan Kue Koci Khas Indramayu

Nagasari atau Nogosari (Jawa) adalah jenis kue tradisional dan termasuk dalam golongan kue basah. Kue Nagasari merupakan kue tradisional yang sangat populer dalam masyarakat yang diwariskan secara turun–temurun. Nama nagasari sendiri sampai sekarang belum memiliki informasi pasti dari mana berasalnya namun ditinjau dari namanya terdapat dua suku kata yakni Naga dan Sari, kita mengetahui bahwa Naga adalah hewan legenda dari daratan cina yang hidupnya kuat serta salah satunya di lambangkan sebagai jiwa yang terhormat sedangkan Sari dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai isi utama dari suatu benda. Jadi bila disatukan, Nagasari berarti isi utama dari suatu benda yang terhormat atau melegenda.

Kue Nagasari merupakan makanan khas daerah Indramayu. Awal munculnya kue nagasari ini konon karena Indramayu merupakan daerah penghasil beras terbesar di Jawa Barat, sehingga dengan produksi beras yang melimpah masyarakat berfikir untuk mengolah beras tidak hanya menjadi makanan pokok saja (Nasi), lalu ditumbuklah beras tersebut sehingga menjadi tepung yang mana menjadi bahan utama kue nagasari dengan campuran santan dan bahan bahan lain, kemudian kue yang dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Di Indramayu kue nagasari ini biasanya banyak disajikan pada acara-acara seperti syukuran, hajatan atau lebaran. Kue nagasari memiliki rasa yang enak dan manis yang pas dari pisangnya juga memiliki tekstur yang halus dan lembut. Harga kue Nagasari pun terbilang murah hanya dibandrol dengan harga Rp.2.000 saja. Kue Nagasari ini banyak di temukan di toko atau pasar oleh oleh di kota Indramayu.

Sedangakan Kue Koci/Poci berbahan dasar tepung beras ketan yang diadon dan diisi dengan berbagai rasa, ada kacang hijau, kelapa dan sebagainya, tapi yang lebih familier adalah rasa kacang hijau dan kelapa, namun bentuk Poci sendiri memiliki ciri khas yaitu berbentuk prisma dan dibungkus dengan daun pisang. Dalam hal memasaknya pun kue koci membutuhkan waktu yang lebih lama dari kue nagasari.

Cita rasa kue koci ini sangat khas sekali apalagi dengan rasanya yang sangat manis legit, semakin membuat ngiler dan jika kita menggigit kue koci ini isi dari kue koci ini akan langsung terasa di lidah dan akan menggugah selera. kue koci ini sering disajikan pada saat perayaan-perayaan yang besar di daerah Indramayu dan sekitarnya. Untuk harga Kue Poci pun sama dengan Kue Nagasari yaitu dibandrol dengan harga Rp. 2.000 perbungkus.

Kue Nagasari dan Kue Poci bisa kita dapatkan di toko oleh-oleh yang terletak di Pangauban, Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Toko oleh-oleh ini buka 24jam.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Kue Nagasari Kue Koci
Comments
Loading...