pegimakan.id

Manisnya Pisang Sale,Makanan Tradisional Kota Aceh

Sumber foto : http://fokusaceh.blogspot.com

Pisang adalah tanaman hortikultura yang cukup penting untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang dapat diolah berbagai macam makanan salah satunya adalah disale alias pisang sale, pisang sale sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional daerah, salah satunya pisang sale khas Aceh banyak dikawasan Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk daerah Aceh.

Pisang merupakan salah satu makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis – tipis kemudian dijemur secara alami di bawah sinar matahari pada waktu siang hari (dibuat khusus pada musim kemarau saja). Tujuan penjemuran ini adalah untuk mengurangi kadar air dalam daging buah pisang sehingga pisang sale mampu tahan lebih lama. Pisang sale ini setelah kering bisa langsung dimakan begitu saja yang rasanya gurih dan manis seperti madu atau digoreng dengan baluran tepung terlebih dahulu dan bisa disantap bersama dengan bahan toping lainnya berupa saos gula merah atau susu kental manis cokelat.

Menurut para pakar gizi, Pisang lebih tinggi energinya bila dibandingkan dengan apel. Energinya berasal dari karbohidrat , hampir dua kali lipat lebih tinggi. Pisang menyediakan energi lebih lambat dibandingkan dengan gula, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit dan sejenis roti, maka disarankan apabila mau melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan energi konsumsikan pisang sebagai cadangan energi, seperti atlet saat jeda/istirahat mengkonsumsikan pisang. Para pemikir sering timbul rasa ngantuk itu tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

Kandungan lemak dalam buah pisang cukup rendah jadi tidak perlu takut mengkonsumsi pisang gemuk. Pisang kaya akan mineral, fosfor, kalsium, kalium, magnasium dan zat besi. Kandungan vitamin sangat tinggi terutama vitamin A, B dan B6.

Pisang sale juga mempunyai beragam varian bentuk dan rasa seperti terbaru adalah rasa keju,Saat ini, produksi pisang sale sudah mampu menembus pasar internasional dalam rasa yang sempurna dan dikemas memakai kotak dan plastik yang mampu menarik minat turis asing untuk membelinya sebagai oleh – oleh.

Ada 3 cara untuk pembuatan pisang sale ini,yang pertama cara tradisional dengan menggunakan asap kayu,yang kedua cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang dan yang ketiga yaitu dengan menggunakan natrium bisulfit.

Pusat pasar yang jual pisang sale berada di Lhoknibong, Aceh Timur dan Pantonlabu, Aceh Utara. Harganya pun relatif murah yaitu sekitar Rp.10.000 sampai Rp.50.000 untuk 1 kotak Pisang sale.

Sumber foto : http://fokusaceh.blogspot.com

Sumber : http://www.plimbi.com

pegimakan.id
Comments
Loading...