pegimakan.id

Mencicipi Sate Kambing Mbok Galak Solo

Terlihat tidak ada yang spesial di warung sate kambing Mbok Galak ini, yang terletak di pinggir jalan Mangun Sarkoro No.122, Sumber, Banjarsari kota Solo ini. Anglo dan pikulan seperti warung sate lainnya ini berdiri di sisi kanan jalan. Tetapi, siapa sangka warung sate itu kesukaan para pejabat negara hingga presiden? Sejak era Presiden Soeharto hingga Joko Widodo disebut-sebut pernah mampir ke Warung Sate Mbok Galak.

Satu porsi sate buntel terdiri dari dua tusuk olahan daging kambing yang dililit pada sebilah bambu seperti sate lilit dari Bali. Ketika digigit, daging kambing yang dibungkus dengan lemak daging terasa empuk dan tak berbau prengus. Bumbu kuah kecap serta gurih dari bawang putih menyerap ke dalam gilingan daging kambing. Ternyata kambing yang digunakan di warung ini adalah kambing muda, karena jika dengan kambing yang tua dagingnya akan alot dan berbau prengus. Rahasia pemilihan daging tersebut ia pelajari bersama almarhum Bu Sakiyem dari Mbah Bejo yang mana masih berstatus saudara sejak tahun 1975. Hingga saat ini berjualan selama 36 tahun sejak tahun 1980, standar serta resep tersebut ia tetap jaga untuk menyajikan kualitas olahan daging kambing untuk para konsumen.

 

Sate buntel di Warung Sate Mbok Galak ditawarkan dengan harga Rp 35.000 untuk dua tusuk. Sementara, 10 tusuk sate kambing dan tongseng juga dijual dengan harga sama seperti sate buntel. Untuk tengkleng dan gule seharga Rp 20.000. Warung Sate Mbok Galak buka hingga sekitar pukul 18.00 WIB.

pegimakan.id By Della
Comments
Loading...