pegimakan.id

Menggungkap Nikmatnya Ungkot Kemamah Khas Aceh

Sumber foto : http://infokuliner.com

Bicara soal kuliner Aceh, terlintas di benak kita adalah cita rasa yang pedas dan lemak ( bersantan ). karenanya, keumamah merupakan cermin yang sangat tepat untuk menampilkan kuliner Aceh.

Keumamah sering disebut dengan Ikan kayu atau di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah, atau juga populer di sebut Eungkot Kayee yang paling banyak diminati oleh masyarakat Aceh. Selain memiliki rasa yang lezat dan unik, ikan ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus, kemudian dikeringkan dan diiris-iris kecil.

Sumber foto : http://dapurenka.blogspot.co.id

Ikan keumamah dapat dimasak dengan menggunakan berbagai bahan masakan, seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah dan bahan rempahan lainnya. Rasa matching dari minyak kelapa di imbangi dengan cita rasa asam yang di ciptakan oleh asam sunti ( belimbing wuluh di keringkan ). karena termasuk gulai, finishing touch untuk masakan ini adalah daun salam koja ( juga disebut daun kari, daun kari pula, atua temurui )

Konon sejarah di balik nikmatnya menyantap ikan olahan tersebut ternyata menyimpan perjalanan sejarah yang panjang, yakni sengitnya perjuangan para tokoh Aceh pada masa lalu dalam melawan penjajah. Para pejuang harus bergerilya di hutan-hutan dalam waktu lama membuat logistik perang harus selalu ada termasuk makanan.

Para pejuang Aceh pada masa lalu mengolah ikan kayu. Ikan kayu dijadikan bahan lauk pauk yang bisa tahan lama hingga berbulan-bulan guna mencukupi kebutuhan gizi pejuang. Maka dari itulah muncul Keumamah, ungkap Tgk. Matang, seorang pemerhati sejarah Aceh di Lhokseumawe.

Karena beratnya perjuangan yang dilakukan serta pasukan yang harus berpindah-pindah di hutan, maka para pejuang Aceh menjadikan Keumamah tersebut sebagai salah satu cadangan logistik yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

foto : http://kulinerbangsakoe.blogspot.co.id Sumber

Masakan Ceumamah yang saat ini terkenal yaitu Cuemamah fauziah yang memiliki brand ikan kayucap kapal tsunami,yang terletak di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.   Untuk harga ikan kayu cap kapal tsunami yaitu sekitar Rp.30.000 perkemasan. Buka dari jam 08.00 sampai jam 22.00.

Sumber : http://www.tribunnews.com

pegimakan.id
Comments
Loading...