Menikmati Cilok Bapri, Jajanan Ramah di Kantong Khas Bandung

Cilok Bapri Bandung

Bentuknya yang bulat dan terasa kenyal saat dikunyah, siapa yang tidak kenal penganan yang akrab disapa cilok.  Cilok merupakan penganan khas Jawa Barat yang tak asing bagi lidah orang Indonesia dan menjadi favorit semua kalangan. Jajanan yang ramah dikantong ini bisa ditemukan hampir di semua sudut Kota Bandung.

Nah, di Kota Bandung ini ada cilok yang terkenal dan melegenda. Namanya Cilok Bapri. Cilok Bapri merupakan usaha rumahan yang dikelola oleh Eman Sulaeman dan Kartini sejak tahun 1993.

Cilok Bakpri di Jalan Babakan Priangan Kota Bandung.

Lokasi usahanya berada di Jalan Babakan Priangan IV, Kecamatan Regol Bandung. Deretan gerobak berwarna hijau berjejer di sepanjang gang sempit. Selain itu, terlihat aktivitas sekumpulan orang yang sibuk meramu bahan baku cilok. Eman Sulaeman, pemiliknya Cilok Bakpri mengatakan, usaha ini berawal dari Cilok buatan ibunya yang dijual sendiri di sekitaran komplek tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah cilok yang kami jual sangat disukai para pembeli. Pada waktu itu diawali berjualan di depan rumah”, ujar Eman. Seiring waktu usaha Cilok Bapri mulai menyebar dengan bertambahnya gerobak usaha. Cilok Bapri di Jalan Babakan Priangan Kota Bandung. Cilok Bapri dijual lewat pedagang pengecer menggunakan gerobak keliling. Ia beralasan menggunakan grobak keliling agar memudahkan peluang usaha untuk mendekati konsumen. “Jadi melalui gerobak keliling lah konsumen lebih muda mendapatkan produk kami yakni Cilok Bapri,” ujarnya.

Agar membedakan dengan cilok lainnya, maka gerobak dibuat ciri khas berwarna hijau. Pembeli pun menjadi mudah mengenali dan mencarinya.

Asal Nama Bakpri

Soal pemilihan nama, Eman bercerita saat itu nama gerobak ciloknya adalah Cilok BBK Priangan sesuai nama tempat asal. Namun nama Priangan ternyata banyak dipakai orang untuk nama usaha mereka, sehingga mengganti nama menjadi Cilok Bapri ( Babakan Priangan).

Eman mengaku Cilok yang dijual sangat berbeda dengan cilok yang sudah ada. Bentuknya yang lebih besar, bulat, dan kenyal ditambah bumbu kacang asli tanpa campuran saus. Ini yang menjadi ciri khas usaha cilok buatannya. Untuk pembuatannya Cilok Bapri terbagi dalam empat grup dalam satu lokasi.

Satu grup tersebut mampu memproduksi Cilok sebanyak 7500 butir dalam satu hari.

Untuk pemasarannya Cilok Bapri disebar dibeberapa wilayah Bandung yakni Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung selatan dan Kota cimahi. Satu butir cilok ia banderol seharga Rp 500, sangat terjangkau bukan?

Source Pegimakan.id www.tribunnewd.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.