pegimakan.id

Menikmati Cireng Cipaganti Jajanan Cocok Untuk Ngemil Bandung

Cireng Cipaganti

Bandung pasti akrab dengan cemilan yang satu ini, cireng. Cemilan khas Bandung berbahan dasar aci ini mudah ditemui di mana-mana. Namun, tahukah Wargi Bandung, ada satu cireng yang tersohor karena sambal kacangnya?

Ya Cirreng Cipaganti. Bisa dibilang, Cirreng Cipaganti adalah pelopor cireng isi pertama di Bandung. Dikatakan demikian karena Cirreng Cipaganti telah ada sejak tahun 90-an. Meski melewati beberapa dekade, pejualan cireng ini tak pernah sepi dan selalu dicari. Tak sulit untuk menemukan gerobak Cirreng Cipaganti, Wargi Bandung tinggal mengarahkan kendaraan menuju bilangan Cipaganti. Tepatnya di jalan Cemara, Cipaganti, bersebrangan dengan kantor Pos Cipaganti.

Jika cireng biasanya bertekstur kenyal, dan alot saat digigit, Cirreng Cipaganti justru renyah saat dimakan. Begitu juga dengan sambal kacangnya yang lumer di mulut. Sambal kacangnya sendiri gurih, halus, serta tidak terlalu pedas. Uniknya, sambal kacang baru dimasukkan saat cireng selesai dimasak. Selain cireng isi sambal kacang, ada juga cireng isi abon, kornet, keju, dan sosis. Harganya beragam mulai dari Rp. 12.000 untuk cireng isi sambal kacang, serta Rp. 18.000 untuk cireng isi aneka rasa.

Selain cireng, ada juga menu lain seperti cilok dan kerupuk seblak. Satu porsi cilok berisi 5 potong dibanderol seharga Rp. 6000, sedang untuk kerupuk seblak dihargai Rp. 7.000. Wargi Bandung juga bisa mendapatkan cilok mentah berisi 30 butir dengan harga Rp. 30.000. Cirreng Cipaganti tidak hanya menjual cireng matang siap santap.

Tersedia juga cireng mentah bagi Wargi Bandung yang berniat membawa cireng ini sebagai buah tangan bagi kerabat. Karena tidak menggunakan bahan pengawet dan hanya tahan selama dua hari, Wargi Bandung harus cepat memasukannya kedalam freezer.

Jika warga Bandung malas menembus kemacetan Kota Bandung. Warga Bandung bisa mendapatkan Cirreng Cipaganti di berbagai gerai seperti di The Kiosk Dago Food Market, Riau Junction, gerai Hijab demos Buah Batu, dan Baso Yen Pasir kaliki.

Banyak yang menyebut, Cireng Cipaganti adalah pelopor cireng isi pertama di kota Bandung. Pemiliknya, biasa dipanggil Abah Radja sudah menjajakan cemilan ini sejak tahun 1990 loh! Bahkan katanya, banyak wisatawan asing yang bekal cireng mentahnya juga untuk dibawa ke negerinya. Cireng go internasional judulnya.

Cireng Cipaganti ini terkenal dengan saus kacangnya yang lembut. Begitu dikunyah, lelehan saus kacangnya lumer dimulut. Nyumm.. Lezat! Permukaannya kering, tapi begitu dikunyah terasa kenyal.

Pilihan isinya, ada isi kornet, isi abon, isi kacang, isi sosis, dan isi keju. Dibandrol dengan harga 15Ribu untuk 10 pcs cireng. Ciloknya sih dibandrol 5ribu seporsinya (isi 5pcs). Jika ingin beli oleh-oleh, bisa beli kemasan yang mentah dan goreng sendiri di rumah. Praktis dan bersih kemasannya.

Oleh-oleh Bandung

Kalo pengen jajan kesini, datang ajah ke jalan Cipaganti, roda nya nangkring di depan gedung Kantor Pos dekat pom bensin Cipaganti

Cireng Cipaganti

Jl. Cipaganti no. 305 (depan Kantor Pos, sebelah Pom Bensin Cipaganti)

Taste: 3.5/5

Ranges Harga: 5ribu-20ribuan

Source pegimakan.id www.duniakulinerbandung.com
Comments
Loading...