pegimakan.id

Menikmati Ikan Bakar di Pantai Blimbingsari Banyuwangi

Menikmati ikan bakar dipinggir pantai pasti enak. Apalagi ikan yang dibakar masih segar dan baru dibawa nelayan dari melaut.
Banyuwangi yang memiliki panjang pantai 175 Kilometer, pantas saja memiliki sentra kuliner khusus ikan bakar dan masakan laut. Dengan pendapatan ikan yang melimpah menjadikan surga bagi para penikmat ikan bakar dan masakan berbahan hasil laut.

Terletak 10 Kilometer dari pusat kota Banyuwangi, Pantai Blimbingsari , Kecamatan Rogojampi terkenal sebagai sentra makanan khas berbahan ikan. Atau jika dari Bandara Blimbingsari, hanya sekitar 5 menit. Lokasinya yang dipinggir pantai ini, memudahkan penjual mendapatkan ikan. Dan untuk penikmat ikan bakar, mereka mendapatkan sensasi makan di pinggir pantai sambil ditemani angin laut.

Pada libur weekend, kebanyakan warung lesehan tersebut dipadati wisatawan dari luar kota, seperti Surabaya, Jember dan Bali. “Disini ada sekitar 15 warung lesehan. Semuanya jual ikan bakar dan masakan sea food lainny,” ujar Misri (49) salah satu pemilik lesehan di Blimbingsari.

Misri mengaku, dirinya bisa menghabiskan 10 sampai 11 kilogram ikan segar perhari. Namun jika weekend dan hari libur, warung lesehannya bisa menjual hingga 70 kilogram perhari. “Paling laris ikan Kerapu, Tambak Moncong, Kakap Merah Putihan. Kebanyakan dibakar. Lainnya mungkin di asam manis. Selain ikan, ada juga cumi dan kepiting, tapi musiman,” tambah Misri.

Tidak sulit bagi Misri mendapatkan ikan segar. Dirinya sudah memiliki langganan nelayan yang mencukupi stoknya. Ikan-ikan segar itu diambilnya dari nelayan di Blimbingsari, Muncar dan Grajagan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengaku adanya sentra ikan bakar di pantai Blimbingsari Banyuwangi ini bisa menumbuhkan ekonomi rakyat warga sekitar. Dulu, pantai Blimbingsari hanyalah tempat parkir parahu nelayan. Namun lambat laun pantai dengan pemandangan pulau bali ini menjadi sentra ikan bakar. Baru setelah itu, Pemkab Banyuwangi membangun infrastruktur penunjang adanya sentra tersebut.

“Kita bangun jalan menuju pantai Blimbingsari dan pagar agar pantai tidak tergerus ombak. Ini merupakan salah satu andalan wisata kuliner Banyuwangi,” ujar pria yang memiliki segudang prestasi ini kepada detikcom.

Source Pegimakan.id httpsnews.detik.com
Comments
Loading...