pegimakan.id

Menikmati Menu Khas Belanda di Kedai VOC,Yogyakarta

Kedai VOC

Pertemuan saya dengan kedai bernama VOC ini sebenarnya cukup janggal karena saya mengetahuinya ketika saya mengunjungi sebuah galeri seni di seberang kedai ini, yang dimana galeri ini dikelola oleh seorang seniman dari Belanda. Kebetulan inilah yang kemudian membuat saya penasaran dan ingin mencobanya.

Saya pribadi bertanya-tanya apakah kedai ini akan menyajikan menu masakan Belanda, dan sejujurnya saya tidak tahu apapun terkait menu=menu maskan Belanda. Saya pun masuk ke dalam kedai yang sebenarnya bagian dari sebuah hotel ini. Setelah masuk dan memutuskan duduk di salah satu mejanya, saya pun mulai membaca sembari sesekali bertanya pada waiter yang berjaga. Dari menu-menu yang ditawarkan, hanya ada satu menu yang menurut saya janggal dan layak untuk dicoba, yaitu Stampot, yang menurut teman saya menu ini adalah menu khas dari Belanda. Sedangkan minuman yang terbilang khas adalah Koffie Verkeerd, yang sebenarnya tidak dijual di gerai ini namun berhubung ada menu kopi susu maka saya pun memesan menu tersebut.

Stampot sendiri sebenarnya adalah menu makanan yang terbuat dari kentang yang direbus dan ditumbuk. Secara sekilas memang menu ini terdengar seperti mashed potato namun menu ini disajikan bersama sayuran. Menu kentang ini bisa disajikan dengan berbagai macam lauk, dan VOC menyajikan menu ini bersama sebuah sosis. Tak lupa terdapat potongan tomat pada bagian atas dari menu ini. Secara rasa, menu ini memang terasa seperti mashed potato namun tidak creamy. Campuran sayur, serta potongan tomat yang tercampur memberi kesegaran pada rasa kentang rebusnya. Sosisnya yang gurih pun memberi tambahan lapisan rasa yang membuat menu yang konon memang terkenal hambar ini memiliki rasa. Sedangkan Koffie Verkeerd sendiri sebenarnya berarti kopi gagal dimana rasa kopi kalah dominan dari susunya. Tepat seperti rasa kopi susu yang saya pesan di Kedai VOC ini meski tidak menggunakan nama yang sama.

Menu Belanda memang konon terkenal biasa saja dan tak istimewa, begitu pula menu Belanda yang disajikan di gerai ini. Meski begitu, selalu menyenangkan untuk mengetahui dan mencicipi menu yang baru dan asing dengan menu-menu yang biasa disantap.

Kedai VOC
Jl. D. I. Panjaitan, Jogja
10.00 – 22.00 WIB

Lokasi:
Nama Resto : VOC

Alamat :Jl. D. I. Panjaitan, Jogja

Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WIB

Source https://makanjogja.com
Comments
Loading...