pegimakan.id

Menikmati Pindang Gombyang Manyung Khas Indramayu

Jika berlibur ke kota Indramayu  rasanya belum lengkap jika tidak menikmati kuliner khasnya. Salah satu makanan khas Indramayu adalah Pindang Gombyang Manyung (Ikan Manyung atau Jambal Roti).

 Pada  Juli 2016 yang lalu pada perayaan Tradisi Nadran Nelayan 2016 diadakan acara pemecahan rekor menyantap Pindang Gombyang secara serempak bersama-sama sebanyak 2016 piring. Acara ini diadakan untuk semakin mempopulerkan makanan yang memang rasanya gurih dan sedap ini.

Pindang Gombyang Manyung merupakan makanan yang memiliki gizi yang tinggi, Nilai gizi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk tubuh. Gizi utama yang terdapat dalam ikan laut adalah Omega 3, Omega 6, vitamin B kompleks, Vitamin D, Vitamin A, Taurin dan Selenium. Ikan laut juga memiliki kadar lemak yang rendah hingga bagi yang sedang diet, ikan laut merupakan alternatif yang terbaik untuk memenuhi asupan protein.

Makanan ini terbuat dari kepala ikan laut bernama Ikan Mayung, tapi bisa diganti juga dengan kepala ikan laut lain yang besar-besar, seperti misalnya Ikan Kakap. Bahan untuk pembuatan Pindang Gombyang Manyung pun cukup sederhana diantaranya Kepala ikan manyung, jeruk nipis, garam, santan, asam muda, kunyit, kemiri sangrai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun salam,  lengkuas, cabe rawit, gula pasir dan temu kunci.

Pindang Gombyang Manyung ini menjadi masakan khas Indramayu yang banyak digemari, tidak saja oleh penduduk asli Indramayu. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, Pindang Gombyang bisa ditemui di kedai dan rumah makan sepanjang jalur Pantura.

Salah satunya di Rumah makan Panorama yang terletak di Jl. Tambak Raya, Tambak Kecamatan Indramayu . Rumah makan Panorama cukup terkenal, Ini terlihat dari pajangan foto sejumlah public figure, baik pejabat pemerintahan maupun artis, yang mampir untuk mencicipi Pindang Gombyang.

Rumah makan Panorama juga menyediakan menu lain seperti udang bakar, ikan bawal bakar, ikan etong bakar dan lain-lain. Di sini juga tersedia berbagai macam minuman dari aneka jus, kopi, teh, dan susu.  Makanan ini cukup murah satu porsi dibandrol rata-rata seharga Rp 20.000,00.

Rumah makan Panorama buka sejak pukul 09.00 hingga 22.00.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...