pegimakan.id

Menyantap Kuah Pilek U Khas Kota Aceh

Sumber foto : http://www.negerikuindonesia.com

Kuah Pliek U merupakan makanan tradisional sejenis masakan bersantan yang khas dari daerah Aceh. Makanan satu ini sekilas hampir mirip dengan Gulai hanya saja bahan nya berbeda. bahan utama Kuah Pilek U yaitu buah nangka muda, papaya muda, daun melinjo, kacang panjang, kacang tanah, buah melinjo dan pliek u. Selain itu ada juga yang menambahkan beberapa bahan seperti rebung, daun papaya, daun singkong, udang kecil dan lain-lain. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari ketumbar, cabe,bawang merah, bawang putih, dan bumbu rempah lainnya.

Salah satu keunikan dari makanan ini adalah penggunaan pliek u pada bumbunya. Penggunaan pliek u ini akan memberikan aroma yang sedap serta memberikan cita rasa yang khas pada kuahnya. Selain itu bahan yang digunakan pada Kuah Pliek U ini juga merupakan aneka sayuran sangat bervariasi. Kandungan vitamin dan gizi pada bahan Kuah Pliek U ini dipercaya dapat meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh, sehingga baik untuk kesehatan.

Selain itu Kuah Pliek ‘U juga merupakan makanan yang melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam masyarakat Aceh yang dapat disatukan dalam satu kuali, sehingga mengasilkan rasa yang unik dan digemari oleh seluruh masyarakat di luruh dunia.

Asal usul kuah Pliek ‘U konon merupakan media memperkenalkan hasil alam Aceh yang begitu kaya akan jenis sayurnya sehingga dengan menyantap kuah Piek ‘U berarti kita telah menyantap seluruh sayuran yang ada di Aceh. Masakan ini wajib dimakan, karena pergi ke Aceh tanpa makan Kuah Pliek ‘U, sama seperti belum pergi ke Aceh.

Masakan ini sangat mudah ditemukan, 90% rumah makan di Aceh pasti menyediakan Kuah Pliek ‘U.

Salah satunya di RM. Ayah (Pliek U & Kuah Beulangong) yang terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Punge Jurong, Meuraxa, Kota Banda Aceh. Rumah makan Ayah ini buka dari jam 09.00 hingga jam 21.00.

Sumber : http://www.negerikuindonesia.com

pegimakan.id
Comments
Loading...