pegimakan.id

Menyantap Menu Sarapan Nasi Gurih Khas Aceh

Sumber foto : http://www.masakanpraktisrumahan.com

Indonesia kaya akan sumber daya alamnya, tak heran jika kuliner di tanah nusantara ini banyak ragamnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, Nggak afdol banget kalau kamu ke Aceh tapi nggak menikmati kelezatan nasi gurih khas Aceh ini.

Menu sarapan tradisional Aceh sebenarnya tak beda jauh dengan propinsi lain. Nasi gurih atau bu guri dalam bahasa Aceh, jadi menu andalan warga setempat saat sarapan.

Salah satu jenis kuliner khas Serambi Mekkah, Aceh yang banyak digemari selain Mie Aceh adalah Nasi Gurih.  Nasi Gurih ini mirip dengan nasi uduk yang memakai rempah-rempah dan santan dalam pembuatannya dengan tekstur agak pera sehingga bulir nasinya terasa pulen. Ditambah dengan telur balado yang sedikit pedas,hanya saja Nasinya Gurih lebih beraroma khas. Ada taburan bawang goreng, serundeng, kacang goreng, tauco, kering tempe, sambal merah dan kerupuk. Sementara lauknya bisa berupa tumis keumamah (ikan kayu), paru goreng, manok gule (gulai ayam), ikan lado, ikan goreng, dendeng Aceh, telur dadar atau lainnya. Untuk penyajiannya, nasi gurih biasa dialasi daun pisang agar aromanya lebih menggugah selera. Kisaran harganya pun tidak begitu mahal, hanya berkisar Rp.5.000 hingga Rp.10.000 saja.

Jika ingin mencicipi kuliner khas serambi mekkah ini terletak di jln. Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Warung Nasi Gurih Pak Rasyid namanya,selain itu ada juga warung nasi gurih kak ros yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 35 (samping RS Fakinah), Geuceu, Banda Aceh.  Biasanya warung ini buka dari jam 08.00 sampai jam 22.00.

Sumber : https://food.detik.com dan http://www.buahatiku.com

pegimakan.id
Comments
Loading...