pegimakan.id

Menyantap Songkolo Bagadang Alhamdulillah Makassar

Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Kuliner di Kota Makassar seperti tidak ada habisnya. Berbagai menu sarapan, makan siang hingga malam hari, bisa ditemukan dengan mudah di berbagai sudut kota salah satunya Songkolo.

Songkolo atau orang Bugis menyebutnya “sokko” adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan yang digunakan bisa ketan putih ataupun ketan hitam. Beras ketan yang dipilih dikukus hingga matang lalu disajikan bersama lauk pendamping berupa parutan kelapa yang sudah digoreng dan sepotong telur itik asin dan ikan asin.

Makanan ini mengandung kata bagadang karena kemunculannya yang mencapai dini hari. Songkolo bagadang menjadi sajian pengganjal perut di saat perut merasakan kelaparan di tengah malam. Songkolo bagadang bisa disantap langsung di warung dengan wadah piring atau dibungkus dengan daun pisang yang diikat dengan gelang karet.

Para penjual songkolo bagadang di kota Makassar cukup banyak, salah satunya ada di Jl. Antang Raya Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar.

Songkolo Bagadang Alhamdulillah milik pasangan suami istri Said dan Hania. Warung ini mulai buka pukul 19.00 hingga 3.00. Meski ruangannya sederhana dan terletak di sebuah gang, warung ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan kadang-kadang orang harus rela antre untuk sekadar mencicipi menunya.

pegimakan.id
Comments
Loading...